Kodim 0816 Sidoarjo dan Forkopimka Jabon Gelar Penanaman Mangrove Nasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Mei 2023 08:42 WIB

Kodim 0816 Sidoarjo dan Forkopimka Jabon Gelar Penanaman Mangrove Nasional

i

Kegiatan penanaman mangrove nasional serentak oleh jajaran TNI seluruh Indonesia di wisata bahari tlocor Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, Senin (15/05/2023). SP/ Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Kodim 0816/Sidoarjo bersama BPDASHL Brantas dan Forkopimka Kec. Jabon Sidoarjo melaksanakan puncak penanaman mangrove nasional yang bertempat di wisata bahari tlocor Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, Senin (15/05/2023). 

Kegiatan puncak penanaman mangrove nasional ini dilaksanakan secara serentak oleh jajaran TNI seluruh Indonesia dipimpin secara virtual oleh Presiden RI yang terpusat di tempat taman wisata alam (TWA) Angke Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. 

Baca Juga: Warga Sidoarjo Minta KPK Segera Tahan Gus Muhdlor

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Kasdim 0816/Sidoarjo, Ka. BPDAS Brantas, Forkopimka Kecamatan Jabon, Danramil jajaran Kodim 0816/Sidoarjo bersama masyarakat serta Pramuka dan KBT. 

Kodim 0816/Sidoarjo melaksanakan penanaman sebanyak 1000 Mangrove bersama instansi terkait serta masyarakat Sidoarjo. Program yang dilaksanakan bukan hanya penanaman mangrove tapi juga ketahanan pangan dari kearifan lokal di seluruh jajaran dan juga bakti sosial. 

Baca Juga: H-2 Lebaran, Volume Sampah di TPA Jabon Naik Hampir 100 %

Tujuan penanaman mangrove adalah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, menjaga iklim dan cuaca, mencegah abrasi pantai di laut, penyerapan karbondioksida, menjaga kualitas air dan udara, sebagai habitat ikan dan biota laut lain, pereduksi gelombang di pantai. 

Hutan mangrove dapat menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam.

Baca Juga: Proyek Miliaran Tak Transparan, Anggaran Desa Penambangan Diduga Diselewengkan

Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit dari Kodim 0816/Sidoarjo, Forkopimka Jabon, instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung dan mengikuti kegiatan puncak penanaman Mangrove secara serentak di wisata Bahari Tlocor Desa Kedungpandan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. 

"Kami harapkan, kegiatan puncak penanaman mangrove nasional ini dapat melindungi pantai dari erosi dan abrasi serta menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak, mampu menyerap energi gelombang yang datang. Selain itu, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan mangrove dengan cara meningkatkan hasil tangkapan nelayan berupa ikan, udang dan kepiting," jelas Letkol Inf Masarum Djati Laksono. Hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU