Komunitas Kecil Berbagi Air Bersih untuk Warga Gempolsari

Pembagian air bersih kepada warga Gempolsari. SP/Patrik Cahyo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo – Semburan Lumpur Lapindo selama 15 tahun belum ada tanda – tanda berhenti, warga yang bertahan di rumahnya sekitar tanggul mengalami tersebut terdampak air bersih untuk keperluan sehari – hari.

Warga Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin ini sangat kesulitan mendapatkan air bersih. Sumur – sumur warga berdekatan dengan bibir tanggul Lumpur Lapindo tercemar sejak belasan tahun.

Aksi sosial dari Komunitas Kecil Bergerak sedikit mengobati warga yang terdampak tidak bisa merasakan air bersih. Bergabung dengan komunitas lain, Kecil BergeraK mengirim empat tandon bagi warga.

Ketua Komunitas Kecil Bergerak, Aji Kurniaji menjelaskan keprihatinan pada masyarakat gempol yang masih kesulitan memperoleh air bersih sehingga menjadi tanggung jawab bersama.

“Saat ini, Pemerintah menggelorakan perilaku hidup bersih, tetapi bisa dilihat warga Gempolsari masih susah mendapatkan air bersih,”ucap Ardi.

Komunitas Kecil Bergerak menggelar aksi sosial ini sudah tujuh tahun mendampingi warga terimbas tragedi Lumpur Lapindo juga memasok air bersih selama satu tahun ke depan.

“ Rencana akan kami kirim satu tangki air bersih berkapasitas 7500 liter.”ujarnya.

Ia juga berharap kepada pemerintah tergerak hatinya untuk memperhatikan kondisi warga Gempolsari yang terdampak. Serta warga sidoarjo lainnya mengetahui kesusahan yang dialami.

Kesempatan yang sama, Ketua RT 11 RW 03 Desa Gempolsari menyambut baik aksi sosial tersebut. Desa Gempolsari mengucapkan banyak terimakasih kepada komunitas Kecil Bergerak dan komunitas lainnya.

“Terimakasih banyak atas bantuannya membantu meringankan beban di desa ini. Kami merindukan air bersih, selama ini membeli air bersih untuk bisa mengkonsumsi. Beberapa warga memilih masih menggunakan air yang tercemar,”pungkasnya.

Antusias warga mendapatkan air bersih terlihat dari wajah para warga dengan aura kebahagian akhirnya bisa mengkonsumsi air bersih tersebut. Pat