Kunjungi Blitar, Team BMKG Berbagi Informasi Terkait Iklim Cuaca saat Ini

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Nov 2021 15:49 WIB

Kunjungi Blitar, Team BMKG Berbagi Informasi Terkait Iklim Cuaca saat Ini

i

Suko Prayitno beri paparan tentang bencana alam. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Team BMKG Selasa (9/11) kunjungi Pemda Kabupaten Blitar, kunjungannya kali ini membahas tentang Kalibrasi Rekayasa dan Jaringan Komunikasi BMKG yang disampaikan perwakilan BMKG Suko Prayitno selaku Deputy Bidang Instrumentasi Kalibrasi Rekayasa dan Jaringan.

Dalam kesempatan ìtu Suko Prayitno memaparkan tentang informasi terkait cuaca. 

Baca Juga: Pekerja dan Eks Pekerja Terima Sertifikat Redistribusi Tanah PT Harta Mulia

Sedang Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Blitar Tuty Komaryati mewakili Bupati Blitar menyampaikan, kunjungan BMKG  adalah untuk berbagi informasi terkait iklim cuaca yang saat ini terjadi di Indonesia. Informasi cuaca tersebut, hal ini akan bermanfaat baik untuk sektor pertanian maupun sebagai langkah antisipasi penanggulangan bencana.

"Jadi seperti itu intinya, informasi ini juga kita berikan kepada dinas pertanian juga para camat yang ada di pesisir Kabupaten Blitar, hal itu untuk mengantisipasi potensi bencana alam yang ada," kata Tuti di hadapan peserta kunjungan.

Tuty juga menyampaikan untuk kelanjutannya nanti pihaknya akan melibatkan seluruh camat yang ada di Kabupaten Blitar untuk bisa mendapatkan informasi terkait cuaca. Menurutnya, BMKG sangat terbuka untuk memberikan informasi terkait iklim di wilayah Kabupaten Blitar.

"Sekarang ini hanya masalah mengantisipasi dari sisi informasi iklimnya tetapi kalau untuk mengantisipasi banjir tentu saja kita tahu bahwa hutan tidak boleh gundul," jelasnya.

 

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Lebih jauh guna  mengantisipasi banjir, Tuty menguraikan, selalu sosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan  tanaman-tanaman keras. Pihaknya juga sudah koordinasi ngomong dengan perhutani untuk melakukan tindakan yang tegas apabila ada pencuri kayu hutan.

"Kita menyadari bahwa cuaca tidak bisa kita hindari karena alam. Tetapi alam harus kita jaga. Itu yang harus kita tekan kepada masyarakat," tegasnya.

Sementara itu dari BMKG , Suko Prayitno menambahkan, kunjungan tersebut untuk memberikan informasi cuaca dalam rangka menghadapi bencana yang ada di Kabupaten Blitar.

"Sehingga nanti Kabupaten Blitar dapat menemukan informasi MKG untuk kepentingan penanggulangan bencana, meningkatkan pertanian dan keselamatan seluruh masyarakat." Terang Suko.

Baca Juga: 2 Rumah di Blitar Dibobol Maling saat Ditinggal Mudik, Pelaku Terekam CCTV

Selain itu, menurutnya, sisi utara Kabupaten Blitar berpotensi terjadi banjir bandang. Hal itu karena wilayah tersebut merupakan pegunungan. Mengingat saat ini hujan deras juga kerap melanda Kabupaten Blitar.

Suko mengatakan, Kunjungan tersebut juga  bertujuan untuk antisipasi hujan deras yang menyebabkan banjir bandang seperti di Kota Batu dapat diantisipasi. 

"Ya terutama Kabupaten Blitar belahan utara.  makanya kalau perlu kita ngobrol berdiskusi dengan teman teman Camat terkait iklim ini," urai Suko Prayitno. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU