Minggu, Batik Air Terkendala di Bandara Juanda

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 22 Mei 2022 19:46 WIB

Minggu, Batik Air Terkendala di Bandara Juanda

i

Pesawat Batik Air ID6309 rute Juanda, tujuan Surabaya (SUB) ke Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) yang  alami kendala terbang

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Minggu pagi kemarin (22/5/2022) ada gangguan penerbangan di Bandara Juanda Sidoarjo. Pesawat Batik Air ID6309 rute Juanda, tujuan Surabaya (SUB) ke Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) melaporkan alami kendala terbang.

Maskapai tersebut kemudian menunda keberangkatan.

Baca Juga: Perayaan Nyepi: Bandara Juanda Normal, Penerbangan ke Bali Dihentikan Sementara

"Pada Minggu, pukul 09.25 WIB pesawat Batik Air ID6309 SUB-CGK melaporkan ada kendala pada fasilitas landasan," kata Humas PT Angkasa Pura I, Yuristo Ardi Hanggoro.

Tim langsung  melakukan evakuasi tehadap pesawat Batik Air untuk kembali ke apron.

Proses push back pesawat tersebut membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Pesawat ahirnya bisa kembali ke apron pukul 10.15 WIB.

Yuristo menyebut, ada empat pesawat yang harusnya datang di Bandara Juanda dialihkan ke Ngurah Rai, Bali.

Pun demikian, pihaknya memastikan tidak ada jadwal yang terkendala akibat peristiwa tersebut.

"Beberapa di antaranya memutuskan mengalihkan pendaratan ke Bali, sisanya saat ini sudah mendarat di Bandara Juanda. Tidak ada penutupan aerodrome dan Bandara Juanda normal beroperasi," katanya.

Adi memastikan tim teknik Bandara Internasional Juanda telah memperbaiki secara taktikal. Perbaikan tersebut tidak menganggu penerbangan.

Menurutnya, pesawat rute Surabaya-Jakarta itu telah dijalankan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Baca Juga: Berhasil Gagalkan 399 Ribu Ekor Selama 2023, KKP dan Otoritas Bandara Juanda Siap Perangi Penyelundupan BBL

"Batik Air penerbangan ID-6309 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUJ dinyatakan layak dan aman dioperasikan, melalui pengecekan awal (pre flight check)," jelas Danang dalam keterangannya, Minggu (22/5).

Pesawat tersebut dijadwalkan lepas landas pukul 09.10 WIB, dengan membawa enam kru dan 151 penumpang.

Namun, saat pesawat bergerak pelan memasuki landas pacu (runway), pilot merasakan adanya pergerakan pada roda pesawat, yang tidak sebagaimana mestinya.

Pesawat terhenti atau stuck. Sehingga, perlu dilakukan pengecekan.

"Dari hasil pengecekan, diketahui bahwa roda/ ban pesawat memasuki area aspal pada ujung landas pacu Juanda, yang mengalami penurunan dari permukaan atau agak amblas. Sehingga, pesawat perlu direposisi menggunakan kendaraan penarik (tow truck), agar dapat keluar dari area landas pacu," terang Danang.

Baca Juga: 'Menggoda' Pramugari Pesawat, Terancam Penjara 1 Tahun

Dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pesawat ditarik kembali menuju landas parkir (apron).

"Berdasarkan hasil pemeriksaan teknisi dan pilot, pesawat terbukti dalam kondisi baik, layak terbang dan aman. Tidak mengalami kerusakan," tandasnya.

Setelah pesawat parkir dengan sempurna pada tempatnya, seluruh penumpang diarahkan ke ruang tunggu.

Batik Air telah menginformasikan dampak yang timbul kepada seluruh penumpang. Serta mempersiapkan kembali penerbangan ID-6309 di hari yang sama.

Pesawat tersebut kemudian berangkat pada pukul 12.58 WIB, dan dijadwalkan mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 14.13 WIB. n sg, ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU