Pasutri Selundupkan Sabu ke Lapas dalam Alquran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Mei 2023 20:46 WIB

Pasutri Selundupkan Sabu ke Lapas dalam Alquran

i

Petugas Lapas Kelas IIA Madiun, saat membongkar Alquran yang berisikan narkoba jenis Sabu.

SURABAYAPAGI.COM, Madiun - Petugas Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas II A Madiun, menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu dalam lapas yang dibawa pengunjung dengan cara disembunyikan dalam Mushaf Alquran.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari mengatakan penyelundupan tersebut diketahui petugas penitipan barang di Lapas Pemuda Madiun saat memeriksa barang bawaan pengunjung seorang perempuan berinisial PWG.

Baca Juga: Warga Tahunya Tempat Kecantikan

"Kejadiannya hari Selasa ini sekitar pukul 09.30 WIB di Ruang Pelayanan Terpadu Lapas Pemuda Madiun. Narkoba jenis sabu dengan berat 14,98 gram berusaha diselundupkan ke dalam lapas dengan cara diselipkan dalam Mushaf Alquran," ujar Imam Jauhari, Selasa (23/5/2023).

Ia menjelaskan pengungkapan upaya penyelundupan narkoba itu bermula dari kecurigaan petugas lapas yang dipimpin Kalapas Ardian Nova Christiawan. Petugas curiga dengan barang titipan yang dibawa pelaku.

"PWG membawa beberapa makanan dan sebuah kitab, yakni Mushaf Alquran Utsmani yang rencananya ditujukan untuk keponakannya yang merupakan seorang warga binaan berinisial MAT," kata Imam.

 

Disisipkan di Punggung Alquran

Kitab berwarna dominan merah muda itu dinilai petugas cukup mencurigakan karena pada bagian punggung Mushaf Alquran itu terlihat menonjol, pembatas sampul terlihat tidak rapi, dan ada semacam gundukan di bagian punggung Mushaf Alquran tersebut.

Merasa curiga, maka petugas membongkar jilidan kitab untuk dilakukan pembuktian yang dipimpin Kalapas Ardian Nova Christiawan.

Setelah digeledah dengan hati-hati, petugas menemukan serbuk kristal putih yang dibungkus plastik bening. Paket itu direkatkan sepanjang bagian dalam punggung kitab.

Baca Juga: Bulog Madiun Pastikan Stok Beras Selama Ramadhan Aman

"Setelah dilakukan pengecekan, serbuk yang ditempelkan di sisi dalam punggung Mushar Alquran tersebut ternyata mengandung methaphetamine yang merupakan narkotika jenis sabu-sabu," kata Kalapas Ardian Nova.

 

Pelaku Suami Istri

Nova mengatakan ada dua orang tersangka yang diserahkan kepada Polres Madiun Kota. Selain PWG, ada suaminya berinisial JS yang sebelumnya menunggu di parkiran.

"Keduanya mengaku tidak tahu kalau Alquran yang dibawanya itu ada sabu-sabu karena hanya dititipi keponakannya yang merupakan lulusan pesantren," kata Nova.

Baca Juga: Pemkab Madiun Fokus Kembangkan IKM Sektor Pertanian

PWG mengaku bahwa dia menerima titipan itu pada hari Kamis (18/5) di Terminal Purboyo Madiun. Rencananya akan dikirimkan ke MAT hari itu di lapas.

Namun pada Kamis pekan lalu layanan kunjungan lapas tutup karena tanggal merah yang bertepatan dengan Peringatan Kenaikan Isa Al Masih sehingga PWG kembali ke Lapas Pemuda Madiun pada hari Selasa (23/5/2023).

Atas temuan tersebut, pihaknya menghubungi kepolisian untuk proses lebih lanjut. Baik barang bukti maupun tersangka telah diserahkan kepada pihak berwajib.

"Temuan ini bentuk komitmen kami dalam pemberantasan peredaran narkoba," kata Nova. ema/ham/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU