Pelaksanaan Pilkades dengan Pola PAW, Terpilih Seorang Emak - emak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 28 Mei 2021 16:36 WIB

Pelaksanaan Pilkades dengan Pola PAW, Terpilih Seorang Emak - emak

i

Para warga diperiksa sebelum memasuki tempat pemilihan. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Penyelenggaraan Pilkades dengan pola PAW yang digelar Jumat (28/5) di Desa Tegalasri Kec Wlingi Kab Blitar berhasil dimenangkan pasangan seorang Emak emak yakni dengan nomor urut 1, bernam Ratnaningsih (40) seorang ibu rumah tangga dengan perolehan 87 suara.    

Pagelaran pilkades dengan PAW pertama kali di Blitar ini dihadiri 147 pemilih. Sebelum digelar pemilihan, ketua panitia Pilkades PAW Sutaji membacakan tata cara/tertib pemilihan, karena hal itu menurut Sutaji sesuai atas dasar UU No 6/2014 tentang Pilkades PAW, didukung Perbup No 50/2019.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Sutaji juga menyampaikan surat suara sah sejumlah 151, sedang yang hadir 147 orang, "Kepada para pemilih untuk menggunakan hak suaranya sesuai dengan peraturan yaitu mencoblos gambar para calon sesuai dengan nomor urut calon, suara sah sebanyak 151, maka sisa 4 surat suara tidak berlaku, sekaligus kami segenap panitia mengharapkan ketertiban, kenyamanan dan keamanan diutamakan, juga prosedur protokol kesehatan," kata Sutaji sebelum pelaksanaan pemilihan.  

Sementara untuk menjaga situasi, petugas pengamanan menerjunkan puluhan petugas keamanan yang di backup Polres Blitar dibantu dari anggota TNI (Kodim 0808 Blitar)  dan Satpol PP Pemkab Blitar serta melibatkan Tim Satgas Covid-19. Sebelum memasuki ruangan dan bilik pemilihan, setiap pemilih mendapat pemeriksaan ketat dengan pola prokes. Pemilihan yang diawali pukul 08.45 berakhir pukul 10.00 sampai perhitungan surat suara.

Sementara itu Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela SH S.IK MH. yang meninjau langsung jalannya Pilkades PAW yang didampingi para PJU dan Forpimka Kec Wlingi  menyatakan, terselenggaranya Pilkades dengan pola PAW merasa puas karena situasi Kamtibmas berjalan sesuai dengan skenario renpam yang telah dilaksanakan dengan baik tegas, humanis  dan sempurna yang diterapkan seluruh petugas keamanan.

Baca Juga: 2 Rumah di Blitar Dibobol Maling saat Ditinggal Mudik, Pelaku Terekam CCTV

"Kita melibatkan puluhan petugas keamanan dari TNI (Kodim 0808) Blitar dan Satpol PP Pemkab selain dari anggota polres, dengan situasi yang kondusif ini atas kerjasamanya seluruh petugas keamanan, yang sejak tadi malam telah melakukan pemantauan situasi, juga dukungan dari Tim Satgas Covid-19 untuk melakukan tugasnya dalam melaksanakan prokes,  Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades PAW lancar, aman termasuk para pemilih semuanya mematuhi protokol kesehatan, untuk itu kami sampaikan terima kasih," terang AKBP Leonard di tempat pemungutan suara pada beberapa wartawan.

Perlu diketahui, dari hasil pemungutan suara ( Jumat 28/5) dalam perhitungan suara akhir, surat suara sebanyak 147 lembar, 2 surat suara dinyatakan tidak sah, sisanya 145 suara menghasilkan nomor urut 1 Ratnaningsih memperoleh 87 suara sedang nomor urut 2 Fajar Wawan mendapatkan 58 suara.

"Dengan perhitungan yang disaksikan oleh para saksi masing masing calon, dan seluruh panitia dan warga masyarakat dengan transparan dan adil sesuai perundang undangan, maka yang mendapat suara terbanyak adalah nomor urut satu Ibu Ratna Ningsih mendapat 87 suara  bagaimana? Sah..bapak bapak dan ibu ibu," papar Sutaji dihadapan pemilih dan petugas serta para saksi, dengan jawaban SAH dari seluruh pemilih dan petugas serta saksi, Sutaji mengetukan palu tiga kali, yang menyatakan Ratnaningsih secara sah terpilih untuk menjabat Kades Desa Tegalasri. Les

Baca Juga: Berkat Dukungan TN-Polri, Pelayanan di Daop 7 Aman dan Terkendali

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU