Pemkab Banyuwangi Siapkan Rp 170 Miliar untuk Perbaikan Jalan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 03 Mar 2023 11:26 WIB

Pemkab Banyuwangi Siapkan Rp 170 Miliar untuk Perbaikan Jalan

i

Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (DPU CKPP) Kabupaten Banyuwangi.

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berkomitmen untuk meningkatkan layanan infrastruktur jalan. Hal tersebut dibuktikan dengan besarnya anggaran perbaikan jalan pada 2023 yang dialokasikan sebesar Rp 170 miliar.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (DPU CKPP) Banyuwangi Danang Hartanto mengatakan bahwa perbaikan jalan akan dimulai sebelum lebaran.

Baca Juga: Banyuwangi Jadi Pilot Project Pengembangan UMKM Secara Nasional

Dana tersebut ditarget bisa menjangkau pembangunan ruas jalan sepanjang 200 kilometer. Fokusnya adalah perbaikan jalan poros rusak yang menghubungkan antar kecamatan. Sejumlah jalan poros kecamatan yang tidak sempat dibangun pada 2022 juga akan dikerjakan pada tahun ini.

“Di tahun 2023 pembangunan khusus jalan utama dianggarkan Rp 170 miliar. Kurang lebih panjangnya sekitar 200 kilometer. Karena tahun 2022 kemarin, kami fokus pembangunan jalan lingkungan. Tahun ini, akan fokus pada jalan poros,” kata Danang, Kamis (2/3/2023).

Selain itu, jalan menuju destinasi wisata juga menjadi prioritas untuk diperbaiki. Selama perbaikan, pihaknya tidak akan memberlakukan penutupan jalan. Namun, memilah terlebih dahulu jalan yang berlubang, rawan, dan masih dapat bertahan.

"Kita prioritaskan untuk akses jalan yang parah. Nanti akan kami tangani segera semua. Tentunya ada perbaikan rutin dan berkala," ujarnya.

Danang menuturkan, perbaikan dan pemeliharaan ruas jalan di Banyuwangi bertujuan untuk memperlancar mobilitas yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Selain kuantitas, pihaknya juga menekankan kualitas infrastruktur jalan yang dibangun.

Baca Juga: Polisi Menetapkan 5 Orang Sebagai Tersangka

"Kualitas kita menggunakan Asbuton atau aspal dingin. Jadi ini merupakan produk dalam negeri, sesuai instruksi bapak Presiden agar menggunakan produk lokal," tuturnya.

Sampai saat ini, lanjut Danang, pihaknya tengah menunggu pengadaan bahan dari Surabaya. Bahan utama yang digunakan untuk perbaikan jalan adalah beton. Ketika barang sudah sampai, dipastikan perbaikan jalan langsung tancap gas. Adapun musim penghujan yang intensitasnya cukup tinggi kini tengah menjadi kendala.

”Cuaca sekarang sedang tidak mendukung. Ditambal sebelah sini, yang sana berlubang,” ucap Danang.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu program prioritas pembangunan tahun 2023 ini. Terdapat 62 titik jalan yang bakal diperbaiki. Jumlah usulan perbaikan jalan yang cukup banyak dari masyarakat, membuat Ipuk harus memilah prioritas pembangunan jalan.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Gondanglegi-Balekambang Telan Anggaran Rp 600 M

”Tahun ini jalan poros antarkecamatan utama yang akan dibangun ada di 62 titik dengan panjang 222,1 kilometer,” ujar Ipuk.

Dengan pembangunan infrastruktur jalan, Ipuk berharap ada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

”Dengan akses jalan yang baik, semoga nantinya mobilitas masyarakat semakin tinggi. Sehingga, arus perekonomian lancar dan tumbuh sentra-sentra ekonomi baru,” harapnya. bny

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU