Pemkab Pasuruan Adakan Vaksinasi Booster II untuk Tenaga Kesehatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Sep 2022 16:12 WIB

Pemkab Pasuruan Adakan Vaksinasi Booster II untuk Tenaga Kesehatan

i

Bupati Irsyad Yusuf saat launching vaksinasi booster ke - 2

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) melaunching Vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan, RSUD Bangil dan RSUD Grati.

Launching tersebut dilakukan di sela-sela olahraga bersama dan pembinaan pegawai di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Rabu (14/09/2022).

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 24 Miliar

Dari pantauan di lapangan, Gus Irsyad melihat vaksinasi booster kedua secara simbolis oleh dua dokter di RSUD Bangil dan RSUD Grati. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan vaksinasi di gedung PMI (Palang Merah Indonesia) yang lokasinya satu atap dengan Dinkes.

Menurut Gus Irsyad, vaksinasi booster dosis kedua  ini merupakan komitmen untuk penanganan Covid-19. Yakni menjadi strategi dan upaya efektif untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

"Melalui pemberian vaksinasi booster diyakini dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Lebih jauh lagi, diindikasikan dapat mengenali dan mempertahankan diri dari serangan bakteri atau virus," katanya.

Lebih lanjut Gus Irsyad menegaskan bahwa pemberian vaksin booster dosis kedua merupakan ikhtiar memutus mata rantai penyebaran pandemi yang sampai sekarang masih ada.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Beri Toleransi ASN yang Mudik Luar Daerah

Ia pun meminta semua lapisan masyarakat dapat mengampanyekan pentingnya vaksinasi booster ini. Tak hanya itu saja, masyarakat bisa langsung datang ke puskesmas setempat untuk menerima booster.

"Silahkan bisa langsung datang ke puskesmas untuk vaksin booster. Baik yang pertama atau kedua, karena stoknya juga masih ada," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, dr Ani Latifah menjelaskan, hingga hari ini, jumlah tenaga kesehatan yang sudah vaksin booster dosis kedua sudah mencapai 2632 orang. Jumlah tersebut apabila diprosentasekan sudah mencapai 35% dari 4642 tenaga kesehatan se-Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: BNPB Salurkan Rp 150 Juta Bantuan untuk Kabupaten Pasuruan

"Sekarang sudah 2632 tenaga kesehatan yang sudah booster kedua. Mulai dari dokter, perawat, bidan dan semua tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit, puskesmas, polindes atau bidan desa," jelasnya.

Ditargetkan, di akhir minggu ini seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Pasuruan sudah tervaksin seluruhnya. Terkecuali yang sedang sakit dan memerlukan perawatan intensif.

"Kalau sakitnya berat, dalam artian dirawat di rumah sakit sampai berhari-hari atau mendapatkan pengobatan yang intensif, maka vaksinnya ya ditunda dulu sampai sembuh dan normal," tegas Ani, di sela-sela acara. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU