Pemkot Blitar Gelar Pasar Takjil di Beberapa Titik Lokasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 23 Mar 2023 11:21 WIB

Pemkot Blitar Gelar Pasar Takjil di Beberapa Titik Lokasi

i

Kepala Disperindag Kota Blitar Hakim Sisworo.

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Jawa Timur kembali menggelar Pasar Takjil Ramadhan. Biasanya Pasar Takjil Ramdhan digelar di Jalan Ahmad Yani. Namun, untuk kali ini digelar di beberapa titik lokasi di Kota Blitar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan bahwa salah satu lokasi digelarnya pasar takjil yakni di Jalan Kenanga atau tepat di timur kantor Wali Kota Blitar. Ia menyebut, pasar takjil ini beroperasi mulai hari pertama Ramadhan, Kamis (23/3/2023).

Baca Juga: Harga Bawang Merah di Kota Blitar Meroket Pasca Lebaran

“Untuk pasar takjil, kami gelar di Jalan Kenanga atau timur kantor Wali Kota Blitar, pasar takjil ini digelar mulai hari pertama Ramadhan,” kata Hakim, Kamis (23/3/2023).

Selain di Jalan Kenanga Kota Blitar, pasar takjil ini juga digelar di Jalan Mastrip Kota Blitar. Sebanyak ratusan pedagang berjualan di dua lokasi Pasar Takjil yang telah ditentukan oleh Pemkot Blitar tersebut. Mayoritas pedagang Pasar Takjil Ramadhan berjualan makanan dan minuman serta camilan khas Blitar.

“Jumlah pedagang yang sudah mendaftar untuk Pasar Takjil kemarin sekitar 100 pedagang,” ujarnya.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Pasar Takjil di Kota Blitar memang diadakan di Jalan Kenanga dan Jalan Mastrip selama 2 tahun terakhir. Lokasi tersebut sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana peserta kecil digelar di Jalan Ahmad Yani Kota Blitar.

Tujuan pengalihan lokasi Pasar Takjil Ramadhan ini adalah untuk menghindari terjadinya kemacetan menjelang buka puasa. Pasalnya, berdasarkan hasil evaluasi Pemkot Blitar mengungkapkan bahwa pelaksanaan pasar takjil di Jalan Ahmad Yani menyebabkan terjadinya kemacetan saat sore menjelang buka puasa.

“Pemindahan ini kan dilakukan agar lalu lintas tetap lancar dan menghindari kemacetan,” tuturnya.

Baca Juga: 2 Rumah di Blitar Dibobol Maling saat Ditinggal Mudik, Pelaku Terekam CCTV

Disperindag Kota Blitar kini juga tengah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan untuk melakukan pendataan masyarakat yang mengadakan pasar takjil. Pendataan ini bertujuan untuk mempermudah dalam proses controlling kualitas dan mutu dari takjil atau makanan berbuka puasa yang dijual oleh para pedagang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Blitar untuk menetapkan lokasi parkir di pasar takjil Selain itu tarifnya berapa juga tengah kita bahas,” tutupnya. blt

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU