Pemkot Blitar Siapkan Armada Khusus Jemput Pasien Isoman

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 08 Agu 2021 18:21 WIB

Pemkot Blitar Siapkan Armada Khusus Jemput Pasien Isoman

i

Armada ambulans saat memasuki tempat isolasi terpusat pasien Covid-19 tanpa gejala di Kota Blitar.

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Tingginya kasus covid-19 membuat suara sirine ambulance dapat didengar hampir setiap hari. Akibatnya, beberapa warga sedikit was-was jika mendengar suara sirine ambulance.

Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menyiapkan armada khusus untuk memindahkan warganya yang sedang isolasi mandiri (isoman) ke tempat isolasi terpusat di Asrama PGSD Universitas Negeri Malang (UM). Dengan armada khusus ini, maka ambulans tak lagi digunakan untuk menjemput warga yang akan diisolasi di tempat isolasi terpusat.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Dikonfirmasi soal hal itu, Wali Kota Blitar Santoso menyampaikan alasan Pemkot Blitar tak lagi menggunakan ambulans. Kata dia, Satgas Covid-19 Kota Blitar menemui kendala saat memindahkan warga yang menjalani isolasi mandiri menuju ke tempat isolasi terpusat. Warga sulit dibujuk untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat karena kesan menakutkan pakai mobil ambulans.

Baca Juga: 2 Rumah di Blitar Dibobol Maling saat Ditinggal Mudik, Pelaku Terekam CCTV

"Secara psikologis kalau ada suara ambulans meraung-raung justru membuat masyarakat enggan dibawa ke tempat isoter karena takut. Sehingga harus ada terobosan khusus agar proses pemindahan berjalan lancar. Petugas juga tidak kesulitan membujuk warga. Makanya kita siapkan mobil khusus, bukan ambulans," tutur Santoso, Minggu (8/8/2021).

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Blitar menyiapkan rumah isoter. Hal ini dilakukan seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Blitar dan banyak warga yang melakukan isoman di rumah.

Baca Juga: Berkat Dukungan TN-Polri, Pelayanan di Daop 7 Aman dan Terkendali

Namun karena kurangnya pengetahuan soal Covid-19, banyak yang terlambat penanganan sehingga meninggal dunia. Diharapkan, selama menjalani isolasi warga positif Covid-19 yang awalnya tanpa gejala bisa segera tertangani jika sewaktu-waktu muncul gejala.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU