Pemkot Kediri Targetkan 3.110 Wirausaha Baru di Tahun 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 08 Mar 2023 12:50 WIB

Pemkot Kediri Targetkan 3.110 Wirausaha Baru di Tahun 2023

i

Acara Launching Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan di Kota Kediri, Selasa (7/3/2023).

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (UMTK) melaunching pelatihan keterampilan dan kewirausahaan 2023 Kota Kediri di gedung IKCC Kota Kediri, Selasa (7/3/2023).

Kegiatan tersebut merupakan rangkuman semua kegiatan yang akan dilakukan Dinas Koperasi UMTK di tahun 2023 ini. Dalam acara ini, ada Launching Pelatihan Kerja 5000 Wirausaha Baru dan Penyerahan Sertifikat, Penghargaan dan Testimoni Peserta Pelatihan.

Baca Juga: Demokrat Buka Penjaringan Bacawali Kota Kediri, Nama Vinanda Masuk Dalam Daftar

Acara tersebut dihadiri oleh Sekda Kota Kediri, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kediri, kepala OPD Kota Kediri, seluruh peserta pelatihan di 2022, calon peserta pelatihan di 2023, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Dekranasda Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar mengatakan, program pelatihan kewirausahaan ini merupakan program untuk menumbuhkan wirausahawan baru di Kota Kediri.

Pihaknya mendukung penuh program yang dibuat untuk menciptakan wirausaha baru tersebut, apalagi sejalan dengan program pemerintah pusat.

"Saya rasa program ini sejalan dengan pemerintah pusat, tinggal aplikasinya," kata perempuan yang akrab disapa Bunda Fey tersebut.

Ia menuturkan, beberapa pelatihan juga digelar dekranasda seperti pelatihan kuliner, kriya dan kolaborasi dengan dinas terkait.

Baca Juga: Pemkot Kediri Launching Program Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan 2024

Sementara itu, Dinas Koperasi UMTK Kota Kediri menargetkan ada sebanyak 3.110 wirausaha baru pada tahun 2023 ini. Hal tersebut dicapai dengan berbagai program pelatihan guna meningkatkan keterampilan.

Tahun 2023 ini, Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri akan melaksanakan pelatihan prodamas plus dengan target peserta 3.110 orang dengan 23 jenis pelatihan

"Total usulan peserta 2023 ini adalah 3.110 orang, dari 46 kelurahan. Tahun 2023 ini, kami siapkan 23 jenis pelatihan keterampilan ke warga Kota Kediri," kata Kepala Dinas Koperasi UMTK Kota Kediri Bambang Priyambodo.

Lebih lanjut, ia menambahkan, pada tahun 2022, Dinas Koperasi UMTK Kota Kediri telah melaksanakan pelatihan Prodamas plus dengan jumlah sebanyak 2.903 pelaku UMKM dan 37 jenis pelatihan. Bahkan, tidak sedikit diantaranya sekarang sudah merintis usaha sendiri.

Baca Juga: Aksi Demo di Kejaksaan Kediri Ricuh

Bambang mengaku optimistis program tersebut dapat bermanfaat dan menjadi bekal mereka menjadi wirausaha baru.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah akan memfasilitasi berupa sertifikat halal, sertifikasi hak kekayaan intelektual, dan beberapa layanan dan memberikan fasilitas bantuan modal kepada wirausaha baru yang dikelola Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri.

Dalam kesempatan itu, Dinas Koperasi UMTK Kota Kediri juga menyerahkan sertifikat halal pada 447 pelaku UMKM, penyerahan sertifikat Hak atas Kekayaan Intelektual sebanyak 62 pelaku UMKM, penyerahan penghargaan kepatuhan ketenagakerjaan pada 20 perusahaan di Kota Kediri. Penyerahan sertifikat Koperasi sehat pada 30 koperasi, dan penyerahan sertifikat BNSP pada 723 alumni pelatihan prodamas plus 2022. kdr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU