Penjaga Lintasan KA dan Jukir Diberi Penghargaan di Harhubnas

Wabup Gresik Aminatun Habibah didampingi Kadishub Tursilowanto Hariogi saat memberikan penghargaan kepada mereka yang berjasa di bidang perhubungan. SP

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Peringatan Hari Perhubungan Nasional ke-50 tahun 2021 diwarnai dengan pemberian penghargaan dari Pemkab Gresik kepada mereka yang mempunyai dedikasi dan kontribusi bagi keberlangsungan dibidang lalu lintas dan juga angkutan yang dinilai memberikan manfaat bagi masyarakat.

Mereka penerima penghargaan adalah para penjaga perlintasan kereta api sebidang, petugas tambang (penyeberangan sungai) di Desa Cangkir, Driyorejo, pengawas juru parkir (jukir), koordinator jukir dan juga kepada suspeltas (sukarelawan pembantu lalu lintas).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (Bu Min) usai memimpin upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik, Senin pagi (20/09/2021).

Dalam keterangannya, Bu Min menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada petugas dan juga sukarelawan yang mendedikasikan dirinya untuk masyarakat. Sebab menurut Bu Min, kehadiran petugas yang ada di jalan raya dan juga sukarelawan lalu lintas sangat membantu masyarakat. Disebutkannya, melalui peran para petugas dan sukarelawan tersebut mampu membantu menurunkan angka kecelakaan. 

Terutama di perlintasan kereta api yang mempunyai tingkat resiko kecelakaan yang cukup tinggi. Peran petugas penjaga perlintasan tersebut sangatlah dibutuhkan, sehingga dapat mencegah terjadinya resiko kecelakaan.

“Saya mewakili Pemkab Gresik sangat berterima kasih atas dedikasi para petugas dan juga sukarelawan yang turut membantu masyarakat. Peran petugas dan sukarelawan ini tentu memiliki manfaat yang luar biasa bagi masyarakat, terutama membantu dalam mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itu, melalui momentum Harhubnas ini kami berikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kami Pemkab Gresik kepada para petugas dan juga sukarelawan,” ujar Bu Min.

Dalam upacara tersebut juga diserahkan sejumlah bantuan berupa bantuan sosial tunai untuk pengemudi angkutan perkotaan, angkutan pedesaan, pariwisata, ojek konvensional dan ojek online (ojol) dengan total 1.785 orang dengan total bantuan senilai Rp. 357 juta.

“Kami juga berikan bantuan sosial tunai bagi para pengemudi angkutan dan para tukang ojek. Mudah-mudahan dapat meringankan beban mereka di tengah pandemik seperti saat ini,” kata Bu Min.

Selain itu juga diserahkan 36 sertifikat kepada pengemudi angkutan pariwisata yang diterbitkan oleh BNSP (Badan NAsional Sertifikat Profesi) LSPTI (Lembaga Sertifikat Profesi Transportasi Indonesia).

Dalam peringatan Harhubnas 2021 di Kabupaten Gresik juga diadakan vaksinasi sebanyak 250 dosis dengan sasaran pengemudi angkutan orang dan pengemudi angkutan barang.