Percepat Pertumbuhan Ekonomi, 11 Program Prioritas akan Direalisasikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Mar 2023 18:39 WIB

Percepat Pertumbuhan Ekonomi, 11 Program Prioritas akan Direalisasikan

i

Bupati saat membuka Musrenbang tingkat Kabupaten di Gedung Gajah Mada. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Pemkab Lamongan terus berupaya bagaimana bisa menumbuhkan ekonomi, yang implementasinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan merealisasikan 11 program prioritas.

Hal itu disampaikan oleh bupati Yuhronur Efendi, dalam membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Tahun 2024 yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda), Kamis (30/3/2023), di Gedung Gajah Mada setempat.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

Ke 11 program prioritas yang dimaksud adalah, Lamongan Sehat, PERINTIS (Pendidikan Berkualitas dan Gratis bagi yang kurang sejahtera), JAMULA (Jalan Mantap dan Alus Lamongan), Yakin Semua Sejahter (YSS), Desa Berjaya, Lumbung Pangan Lamongan, Ramasinta (Pariwisata Ramah dan Terintegrasi), UMKM Naik Kelas, Young Entrepreneur Succes, 100% Pelayanan Publik Berkualitas, serta Prestasi Pemuda dan Olahraga.

Disebutkan olehnya, berdasarkan dokumen RPJMD 2021-2026, dan memperhatikan arah kebijakan Provinsi Jawa Timur, rencana kerja pemerintah pusat sebagai wujud pendekatan dasar, perencanaan tematik, holistik, integratif dan spasial.

Karena itu, tema pembangunan RKPD 2024 yakni Aktivasi Perekonomian untuk Menjaga Ketahanan Ekonomi Masyarakat dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Demi mewujudkan tema tersebut, Pemkab lamongan akan mengimplementasi 11 program prioritas pembangunan sebagai akselerator/percepatan kebangkitan ekonomi sosial masyarakat.  

Bupati juga menekankan pentingnya memahami skala prioritas pembangunan, sudah saatnya dalam menerjemahkan program dan perencanaan keuangan menggunakan pendekatan money follow program, yakni alokasi anggaran pembangunan diorientasikan pada pencapaian program prioritas, bukan pada tugas dan fungsi.

"Saya mengajak seluruh pimpinan perangkat daerah dan camat agar mendorong semua unsur staf mengedepankan inovasi, melakukan benchmarking dan menjalin sinergitas," ungkapnya.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

 

Dalam kesempatan itu, ia meminta dokumen RKPD tahun 2024 sebagai pedoman dalam pelaksanaan program, kegiatan dan penggunaan anggaran di masing-masing perangkat daerah. Sesungguh kunci keberhasilan pembangunan dan pelayanan publik yang sedang kita jalani di tahun kedua RPJMD dan yang sedang kita rencanakan untuk tahun 2024 adalah kolaborasi dan responsif. "Dengan gagasan-gagasan yang cemerlang dan inovasi yang adaptif terhadap perkembangan zaman maka akan mengantarkan Lamongan mencapai kejayaannya,” terangnya.

Sementara itu, diterangkan Ketua DPRD Kabupaten Lamongan Abdul Ghofur, Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Lamongan tahun 2024 ini salah satu tujuannya yakni mengetahui pokok-pokok pikiran dari DPRD Kabupaten Lamongan yang dilaksanakan dengan mengakomodir usulan berbagai masukan dari hasil penyerapan aspirasi masyarakat baik melalui sidak, reses, musrenbag desa dan musrenbang kecamatan sesuai dapil anggota dewa.

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Secara umum terdapat 7 pokok-pokok pikiran DPRD yakni Bidang Pendidikan yang meliputi (beasiswa pendidikan bagi anak-anak kurang mampu, dan pembangunan/rehab lembaga sekolah), Bidang Kesehatan (penanganan stunting), Bidang Ketenagakerjaan (peningkatan sarana, prasarana dan SDM pada balai latihan kerja agar berdaya saing, pengawasan serta memberikan fasilitas bagi lulusan.

Selain itu,  melakukan pengawasan UMK bagi tenaga kerja di perusahaan, pengawasan bagi tenaga kerja asing terkait masa kerjanya), Bidang Infrastruktur (Pembangunan poros desa/poros strategis, pembangunan tembok penahan tanah, pengerukan embung/waduk, penerangan jalan umum), Bidang Ekonomi (Pengawasan usaha mikro, Bidang Pariwisata, Bidang Pertanian (pemberdayaan kelompok tani, pengadaan alsinta dan pupuk), serta Bidang Sosial yang kemudian dokumennya diserahkan langsung kepada Bupati Yes.  

Pokok-pokok pikiran dari DPRD tersebut kata Ghofur panggilan akrabnya, telah diinput dalam SIPD yang selanjutnya akan disediakan untuk saudara Bupati. "Saya berharap pokok-pokok pikiran DPRD dapat diakomodir dan dijadikan masukan dalam rumusan yang diprioritaskan dalam prioritas tahun 2024. Semoga musrenbang kali ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lamongan,” harapnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU