Percepat Vaksinasi, Kejar Herd Immunity

Vaksinasi yang dilakukan TNI AD Kodim 0831/Surabaya Timur bersama PT SIER, pekan lalu. SP/Alqomar

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berkecamuk, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mendorong pemerintah untuk mempercepat vaksinasi. Itu disampaikan saat meninjau vaksinasi yang dilakukan TNI AD Kodim 0831/Surabaya Timur bersama PT SIER, pekan lalu.

Bertempat di kawasan Kantor BUMN-BUMD itu, vaksinasi tertata apik dan tertib. Dua hari, Kodim Surabaya Timur-SIER melakukan vaksinasi. Meliputi pekerja pabrikan, pedagang kaki lima, penduduk urban, hingga warga di sekitar kawasan SIER. Sebanyak 2.700 vaksin disuntikkan.

“Vaksinasi Kodim Surabaya Timur dengan PT SIER adalah contoh yang baik pelaksanaan vaksinasi. Tidak ada antrian, apalagi kerumunan. Semua tertata dengan tertib,” kata Adi. Ia melihat vaksinasi bersama Direktur Operasional PT SIER Didik Prasetiyono dan Komandan Kodim 0831/Surabaya Timur Kolonel Inf. Agus Feridianto.

Adi berharap vaksinasi massal bisa dilakukan di tempat-tempat lain. Dengan dukungan Pemerintah Kota Surabaya, TNI, Polri, BUMN, BUMD, dan pihak-pihak lain. “Percepatan vaksinasi ini untuk mengejar herd immunity atau kekebalan masyarakat. Ini untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan masyarakat dari ancaman Covid-19,” ujarnya.

Pada momentum Hari Anak Nasional, pekan lalu, Adi meminta perluasan vaksin di kalangan pelajar, usia 12-17 tahun. Pemerintah Kota Surabaya telah bekerja massif untuk menggenjot vaksinasi di kalangan penduduk dan pelajar. “Kita mendukung vaksinasi pelajar terus dikebut di Kota Surabaya. Datanya sudah menjangkau ribuaan anak usia SD-SMP. Perjuangan ini tentu akan melindungi anak-anak kita dari Covid-19,” kata Adi.

Penduduk Kota Surabaya diperkirakan 2,8 juta. Pemerintah Kota Surabaya menargetkan 70 persen kelak akan divaksin. Sekarang sudah tercapai sekitar 48 persen. “Semoga dalam beberapa bulan mendatang, target itu tercapai,” kata Adi. Alq