Peringati Hari Ibu, PORTINA Jatim Gelar Pertandingan Olahraga Tradisonal Hadang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 23 Des 2022 14:03 WIB

Peringati Hari Ibu, PORTINA Jatim Gelar Pertandingan Olahraga Tradisonal Hadang

i

Event olahraga tradisional hadang atau gobak sodor di SMKN 12 Surabaya pada 21–22 Desember 2022.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Memperingati Hari Ibu, Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) Jatim dan Forum Larasdikdudi (Forum Penyelarasan Dunia Pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri) menggelar pertandingan olahraga tradisional hadang atau gobak sodor di SMKN 12 Surabaya pada 21–22 Desember 2022.

Event Tradisional Sport ini dibuka oleh Chusnur Ismiyati, SH., MM dari KORMI Jatim. Sebanyak 24 Tim putra maupun putri dari SMA, SMK dan lembaga pendidikan dari sejumlah wilayah di Jawa Timur mengikuti pertandingan ini.

Baca Juga: SMPN 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan, Peringati Hari Ibu dengan Membasuh Kaki Ibu

Untuk Kategori Putra, Event Tradisional Sport ini dijuarai oleh SMAN usai mengalahkan tim dari SMK Kartika 2 Surabaya. Sedangkan untuk juara ketiga dan keempat diraih oleh SMA Muhammadiyah 10 dan SMKN 12 Surabaya.

Sementara untuk Kategori Putri, juara pertama juga diraih oleh SMAN Bondowoso. Diikuti oleh SMA Muhammadiyah 10 yang meraih juara ketiga. Lalu untuk juara keempat atau harapan diraih oleh SMA IPIEMS.

Keberhasilan SMAN Bondowoso menjuarai event ini tidaklah mengherankan, mengingat mereka merupakan tim Juara Nasional Hadang.

Baca Juga: SMPN 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan Peringati Hari Ibu

Dalam kesempatan itu, Ketua Portina Jatim Iksir I Thouby mengatakan bahwa event ini merupakan pengenalan olahraga tradisional yang saat ini sudah mulai ditinggalkan.

Selain itu, acara tersebut juga menjadi ajang untuk menjaring atlet-atlet olahraga tradisional untuk nantinya sebagai perwakilan Pekan Olahraga Nasional (PON) Olahraga tradisional. Terlebih lagi, Jawa Timur berhasil menjadi juara umum pada PON Olahraga Tradisional sebelumnya.

Baca Juga: Rachel Vennya Lepas Hijab di Hari Ibu

“Event ini bukan kompetisi, namun sebagai pengenalan Kembali olah raga tradisional. Apalagi ini diikuti oleh SMAN Bondowoso yang merupakan Juara Nasional, sehingga sekolah-sekolah bisa mencontoh cara bermainnya” ujar Iksir.

Selain lomba olahraga tradisional gobak sodor, event ini juga diwarnai oleh lomba mewarnai sebagai peringatan Hari Ibu. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU