Pesta Miras, 16 Pemuda Diciduk Petugas

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Sebanyak 16 pemuda diamankan oleh petugas Samapta Polres Situbondo, lantaran mereka tepergok pesta minuman keras (miras) jenis arak di areal persawahan Burnik, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota, Situbondo, Senin (7/11/2022) dini hari.

Di lokasi kejadian selain ditemukan barang bukti dua botol miras jenis arak, petugas yang dipimpin langsung KBO Samapta Ipda Komang Adi Aryana juga, mendapati sebagian pemuda  membawa tiga buah senjata tajam (sajam) jenis pisau.

Untuk dilakukan pendataan dan pembinaan. Selanjutnya, belasan pemuda tersebut langsung digelandang ke Mapolres Situbondo. Bahkan, untuk memberikan efek jera, mereka disuruh push-up sebanyak 20 kali di halaman depan Mapolres Situbondo.

Diperoleh keterangan, terungkapnya belasan pemuda pesta miras di areal persawahan burnik itu, berawal saat petugas Samapta Polres Situbondo melakukan kegiatan rutin, yakni patroli untuk menjaga Kabupaten Situbondo tetap kondusif, baik untuk mengantisipasi balap liar maupun gangguan kamtibmas yang lain.

Namun, saat melakukan patroli petugas mendapat informasi belasan pemuda menggelar pesta miras. Seketika itu petugas segera bergerak ke lokasi, dan dengan cepat petugas mengamankan mereka dan melakukan penggeledahan.

“Selain mendapati dua botol miras jenis arak, kami juga mendapati sebagian pemuda membawa tiga sajam jenis pisau,” ujar Ipda Komang Adi Aryana, Senin (7/11/2022).

Kasat Samapta Polres Situbondo AKP Sugeng Winarno mengatakan, selain disuruh push-up sebanyak 20 kali, untuk memberikan efek jera, belasan pemuda tersebut didata dan dilakukan pembinaan.

Bahkan, sebelum dipulangkan ke rumahnya, mereka disuruh menulis surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya.

“Sebanyak 16 pemuda itu, terjaring dalam kegiatan patroli dengan tujuan untuk menjaga kondusifitas Kota Situbondo, dengan  sasaran miras, mencegah balap liar, gangguan kamtibmas  dan tindak kriminal,” pungkasnya.