Pilkades Massal di Lamongan Berjalan Lancar, 28 Incumbent Terpilih Kembali

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Jun 2022 19:06 WIB

Pilkades Massal di Lamongan Berjalan Lancar, 28 Incumbent Terpilih Kembali

i

Saat proses penghitungan suara di Desa Tritunggal Kec Babat Lamongan. Dimana di desa ini Incumbent Yaqub Sibi  kalah dari Ahmad Mansur Purn TNI AD yang juga mantan Pasi Intel Kodim 0812. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pelaksanaan pemilihan kepala desa secara massal di Lamongan pada Minggu (26/6/2022) lalu berjalan dengan lancar dan kondusif. Bahkan ada 28 calon incumbent berhasil kembali terpilih dalam pesta demokrasi di tingkat desa ini.

Sebanyak 28 incumbent yang kembali terpilih tersebut, seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lamongan, Moh. Zamroni,  dari 138 Calon Kepala Desa (Cakades) di 61 desa di 24 Kecamatan se-Lamongan. “Iya  betul ada  28 incumbent yang kembali terpilih," kata Zamroni kepada wartawan, Selasa (28/06/2022).

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Ke 28 calon incumbent itu lanjutnya berlatar belakang macam-macam, diantaranya 19 dari kalangan swasta, 4 purnawirawan TNI AD, 4 dari perangkat desa, 1 guru swasta, 1 dosen swasta, 1 PPPK, 1 Polri, 1 petani, dan 1 perawat.

Sementara itu, atas kondisi gelaran Pilkades yang berjalan lancar dan aman itu,  Zamroni  mengucapkan selamat kepada para calon Kepala Desa yang terpilih. Ia meminta, kepada para kandidat yang terpilih untuk merangkul semua komponen masyarakat yang ada dan bersama-sama membangun desa yang lebih baik.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

“Kepada para kepala desa terpilih, kita ucapkan selamat. Semoga berkah dan amanah. Kami meminta agar semua komponen masyarakat yang ada tetap dirangkul untuk bersama-sama membangun desa,” katanya.

Lebih lanjut, Zamroni bersyukur, karena pelaksanaan Pilkades serentak yang digelar di 332 TPS ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif. “Alhamdulillah sudah selesai, penghitungan terakhir di Kecamatan Paciran, pada pukul 01.30 WIB, Senin (27/6/2022),” imbuhnya.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Tak cukup itu, menurut Zamroni, lantaran pemungutan suara dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Pilkades di Lamongan ini pun mendapat apresiasi langsung dari Dirjen Pemdes Kemendagri. “Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama dan kerja keras dari seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan Pilkades ini," ujarnya. 

Pihaknya juga mengapresiasi kepada para petugas yang telah melaporkan secara real time, cepat dan akurat terkait kondisi di lapangan dan hasil perhitungannya. Apalagi yang berada di wilayah pesisir, Kecamatan Paciran yang sampai malam hari masih melakukan penghitungan surat suara. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU