Psikolog: Jaga Mental dengan Main Medsos Secukupnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Okt 2022 19:45 WIB

Psikolog: Jaga Mental dengan Main Medsos Secukupnya

i

Penggunaan media sosial secukupnya bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mental.

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Psikolog klinis Lathifah Utami, anggota Himpunan Psikologi Indonesia, mengatakan, penggunaan media sosial secukupnya bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mental.

 "Meskipun media sosial menyajikan banyak hal dan menawarkan kemudahan seperti bersosialisasi secara mudah dengan teman atau saudara yang berjauhan, namun sejatinya kita tidak bersosialisasi secara nyata dengan orang lain," kata Lathifah, Senin (10/10)

Baca Juga: Pelaku Pengancam Teror Anies Baswedan Ditangkap, Ganjar Terpukau dengan Respons Cepat Polisi

Tak hanya itu, Lathifah mengatakan, banyaknya konten negatif yang dilihat seseorang di media sosial juga dapat berdampak pada psikologis. Isu kekerasan, kejahatan, flexing, atau berita bencana dapat menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran.

"Yang akhirnya mempengaruhi kondisi psikologis kita," katanya.

Baca Juga: Bawaslu: Potensi Pelanggaran Kampanye di Medsos Tinggi

Dia juga mengingatkan untuk menggunakan internet secukupnya. Sebab, penggunaan internet secara berlebihan juga dapat menimbulkan kecanduan yang dapat mempengaruhi pola tidur seseorang, emosi dan pola pikir seseorang sehingga mengakibatkan kesehatan mentalnya terganggu. Untuk mengatasinya, dia menyarankan untuk pelan-pelan mengurangi akun media sosial atau membatasi durasi penggunaan.

"Misalnya, kita bisa mematikan hp kita 1 jam sebelum tidur," ujar dia.

Baca Juga: Heboh Orang Tua Bawa Balita 2 Tahun Naik Puncak Gunung Kerinci, APGI: Jangan Paksakan Ego

Kemudian, coba kembali berinteraksi dengan orang-orang sekitar seperti menyapa tetangga, berbincang dengan pemilik warung, berjumpa dengan teman-teman tanpa menggunakan ponsel dan berbincang bersama keluarga tanpa memegang handphone.

Dia juga menyarankan untuk selektif dalam memilih informasi, sebab terpapar terlalu banyak berita negatif dapat membuat suasana hati memburuk. Imbangi dengan informasi positif dan ikuti akun-akun yang berisi motivasi atau inspirasi hidup yang dapat menebarkan energi positif.hlt/mtl

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU