PSLI ke-13 Pamerkan 3000 Karya Lukisan Terbaru

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 20 Nov 2022 09:54 WIB

PSLI ke-13 Pamerkan 3000 Karya Lukisan Terbaru

i

Pasar Seni Lukis Indonesia ke - 13 di Jatim Expo Surabaya. Foto: SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Agenda pameran sekaligus bursa seni lukis terbesar di Indonesia kembali digelar untuk yang ke-13 kalinya di hall Jatim Expo Surabaya. Lebih dari 200 pelukis dari sejumlah kota di Indonesia menghadiri pameran yang berjudul Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ini.

“Peserta PSLI ke-13 ini jumlah pelukisnya adalah 220 orang dengan menempati 130 both. Mereka datang hampir dari seluruh Indonesia. Dari Kalimantan Selatan, Lampung, Mataram, Bali dan dari seluruh provinsi di Pulai Jawa,” kata Muhammad Anis Direktur PSLI dalam sambutannya pada pembukaan PSLI ke-13, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Pameran seni lukis tahunan ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Jum’at (18/11/2022). Adapun pameran ini berlangsung selama 10 hari hingga Minggu (27/11/2022).

"Dengan ini Pasar Lukis Indonesia 2022 saya buka," ujar Khofifah dilanjut menggoreskan cat pada kanvas menandai pembukaan Pasar Seni Lukis Indonesia itu.

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga menyampaikan terima kasihnya kepada pihak terkait yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga dapat menginisasi, mengumpulkan dan mengeksplor potensi intrinsic dari seluruh pelukis-pelukis di Indonesia,” tuturnya.

Khofifah didampingi Anis kemudian melihat deretan karya pelukis. Lebih dari 3.000 karya digelar pada 130 booth/stan yang dibangun panitia, Sanggar Merah Putih. Anis menjamin semua karya yang dipamerkan merupakan karya terbaru dari para seniman.

"Yang membedakan dari tahun sebelumnya. Karya yang dibawa para pelukis merupakan karya terbaru dari mereka, karya yang tahun lalu ditampilkan tidak bisa ditampilkan lagi," ujar Anis.

Baca Juga: Pokemon Run 2024 Ramaikan kota di Surabaya

Selain itu, menurut Anis, PSLI tahun ini terasa lebih spesial karena diikuti karya-karya lukisan dari SBY.

"Salah satu yang istimewa yaitu lukisan Bapak SBY yang membuat kami cukup membanggakan karena beliau dalam hal ini sebagai pelukis mempercayai masyarakat Jatim melalui lukisannya dan ini merupakan peristiwa kesenian bukan peristiwa politik," ucap Anis.

Kegiatan ini, lanjutnya, adalah persembahan dari para pelukis kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Dengan kegiatan semacam ini mudahan ada manfaatnya dalam mempertahankan keindahan NKRI. Jadi misi kami adalah menyebarluaskan keindahan seluruh negeri melalui lukisan. Mudah-mudahan bias tercapai,” tuturnya.

Baca Juga: Cegah Inflasi di Surabaya , BLT Rencana Dicairkan untuk Keluarga Miskin

Anis menyebut, PSLI dapat digelar dengan adanya support (dukungan) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), yang mensubsidi sebanyak 60 persen biaya pendaftaran.

“Tanpa support dari pemprov maka PSLI tidak ada. Sehingga setiap tahun kami mendapat subsidi cukup lumayan yaitu sekitar 60 persen biaya pendaftaran yang di subsidi oleh Pemrov Jatim,” imbuh Anis.

Saat disinggung mengenai target transaksi, Anis berharap transaksi bisa melampaui tahun sebelumnya. "Tahun lalu waktu masih pandemi bisa mencapai Rp600 juta, tahun ini harapannya bisa lebih dari Rp6 miliar," ujarnya.

"Saya berharap masyarakat mengusahakan waktunya untuk hadir menikmati karya seni terbaru dari para pelukis. Apalagi acara ini hanya setahun sekali," tuturnya. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU