Puncak Harlah 1 Abad NU, Hotel di Surabaya-Sidoarjo Banjir Berkah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 08 Feb 2023 10:43 WIB

Puncak Harlah 1 Abad NU, Hotel di Surabaya-Sidoarjo Banjir Berkah

i

Foto ilustrasi.

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo – Acara resepsi puncak peringatan Hari Lahir (Harlah) 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) yang berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa  (7/1/2023) membawa berkah tersendiri bagi sektor perhotelan. Diketahui acara tersebut diikuti oleh jutaan masyarakat diantaranya ulama, kyai, kepala daerah hingga Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur Dwi Cahyono mengatakan okupansi hotel dan resto di Sidoarjo mencapai 100 persen sementara di Surabaya mencapai 90 persen pada saat Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo. Diketahui pengunjung telah membooking sejak tanggal 6-7 Februari 2023.

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Berencana Nonaktifkan Gus Mudhlor Sebagai Bupati Sidoarjo

"Sidoarjo okupansi sudah full. Kalau Surabaya Selatan 90 persen. Tanggal 6 dan 7 Februari puncaknya okupansi Sidoarjo," kata Dwi, Selasa (7/2/2023).

Untuk Kawasan Surabaya sendiri kebanyakan booking di kawasan selatan yang dekat dengan Sidoarjo, hingga okupansi 90 persen. Sementara untuk seluruh hotel di Kota Pahlawan okupansinya 65 persen.

"Alhamdulillah berdampak baik untuk perhotelan, resto dan UMKM," ujarnya.

Sementara itu, Humas Alana Hotel Surabaya Althea Kireina juga mengatakan, hotelnya sudah full booking sejak tanggal 5 Februari lalu.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Ia menyampaikan, yang menginap di hotelnya rata-rata adalah tamu harlah 1 abad NU dari kalangan TNI dan beberapa artis pengisi acara, seperti Rhoma Irama.

Sebagai perwakilan hotel, ia pun merasa senang dengan berkah yang didapatkan. Menurutnya, Harlah 1 Abad NU ini memberikan berkah bagi perekonomian, khususnya bagi wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Tak hanya hotel, restoran dan tempat makan juga mendapatkan berkah.

"Iya betul ramai banget. Acara ini menguntungkan untuk perekonomian, apalagi di Surabaya dan Sidoarjo. Semisal dari segi hotel seperti itu, mungkin juga berdampak pada perekonomian lainnya seperti tempat makan," terang Althea.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Ke depan, Althea berharap akan lebih banyak event besar yang diselenggarakan di Surabaya dan sekitarnya.

“Kalau harapan kami dari pihak hotel, tentu ingin lebih sering diadakan event besar di Surabaya dan sekitarnya. Jadi event besar tidak hanya terpusat di Bali atau Jogja saja, tapi di Jatim juga," pungkasnya. sdj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU