Selama Ramadan, Vaksinasi di Pamekasan Digelar Malam Hari

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 18 Apr 2021 10:37 WIB

Selama Ramadan, Vaksinasi di Pamekasan Digelar Malam Hari

i

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pamekasan akan digelar pada malam hari selama Ramadan. SP/DOC SP

SURABAYAPAGI, Pamekasan -  Selama Ramadan 1442 Hijriah, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pamekasan akan digelar pada malam hari. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pamekasan Nanang Suyanto mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan di sejumlah puskesmas ini guna menekan risiko Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI).

"Sebab, suntikan vaksin dengan kondisi setelah makan, berbeda dibanding waktu perut masih kosong," kata Nanang Suyanto.kemarin.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Sejumlah puskesmas yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 pada malam hari, antara lain Puskesmas Kadur, Larangan, dan Pademawu. "Pelaksanaannya setelah salat tarawih," kata Nanang

Warga yang divaksin di sejumlah puskesmas yang pelaksanaannya pada malam hari ini, antara lain para pegawai negeri sipil (PNS) di tingkat kecamatan, guru, dan masyarakat umum.

Selain untuk menekan KIPI, pelaksanaan vaksinasi di malam hari juga dalam rangka melaksanakan instruksi dari Kementerian Kesehatan yang memprioritaskan warga lanjut usia.Dengan cara itu diharapakan semua lansia segera mendapat jatah vaksin. "Jadi, kita genjot yang belum selesai agar vaksinasi kepada lansia bisa segera digelar," katanya, menjelaskan.

Baca Juga: Aksi Heroik Sang Petualang Mudik Gunakan Sepeda Motor Antar Pulau

Selain Lansia, kelompok lainnya yang juga harus diprioritaskan guru, karena tim Satgas Covid-19 menginginkan agar kegiatan belajar mengajar tatap muka dilaksanakan setelah semua guru divaksin Covid-19.

Total jumlah warga yang menjadi target vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pamekasan hingga gelombang kedua pelaksanaan vaksinasi sebanyak 27.633 orang, tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pengurusan Paspor Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya Tutup Selama 8 Hari

Jumlah ini, belum termasuk warga Lansia yang kini menjadi prioritas pelaksanaan sebagaimana instruksi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. "Yang Lansia masih kita data," kata Nanang. na

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU