Survey Pilpres 2024 Ridwan Kamil Paling Diterima, Prabowo Terpopuler Versi SRS

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 05 Des 2022 09:54 WIB

Survey Pilpres 2024 Ridwan Kamil Paling Diterima, Prabowo Terpopuler Versi SRS

i

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

 

Surabaya - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi tokoh paling diterima publik jika maju dalam Pemilihan Presiden tahun 2024 mendatang. Selain dikenal cukup pintar, Ridwan Kamil memiliki  akseptabilitas tertinggi dibanding tokoh nasional lainnya.

Baca Juga: Anies Akui Prabowo, Keluarga Intelektual Terpandang

 

Hal tersebut tercantum dalam dalam hasil survey Surabaya Research Syndicate (SRS). Untuk penelitian akseptabilitas Ridwan Kamil dipercaya oleh 78,9% responden. Disusul Sandiaga S Uno 78,4%, Prabowo Subianto 76,5%, Ganjar Pranowo 73,9% dan Anies R Baswedan 72,8%. 

Sedangkan dari kategori Popularitas atau tingkat keterkenalan publik, Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan RI) menempati urutan pertama dengan 97,3%. Disusul Sandiaga S Uno 90,8%, Anies Baswedan 90,2%, Ridwan Kamil 87,5%, Puan Maharani 85,7% dan Ganjar Pranowo 85,3%.

 

Baca Juga: Bawaslu Pasrah

Peneliti senior SRS, Deny Aditya memaparkan, meskipun tingkat popularitas  Ridwan Kamil masih tertinggal dari Prabowo Subianto, Sandiaga Uno dan Anies Baswedan, namun Gubernur Jawa Barat itu muncul sebagai capres yang paling diterima publik. “Sebanyak 78,9% responden mengaku suka terhadap Ridwan Kamil disusul Sandiaga Uno 78,4% suka dengan Menparekraf RI itu,” sebut Deny, Sabtu 3/12/2022.

 

Terkait dengan tingginya Popularitas Prabowo Subianto, Deny mengatakan pengalaman telah mengikuti kontestasi Pilpres selama tiga kali menjadi alasan utama publik. Sehingga menempatkan Prabowo Subianto sebagai capres paling populer (paling dikenal) dibandingkan tokoh-tokoh lain. “Sebanyak 97,3% publik mengaku kenal dengan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut,” sebutnya.

Baca Juga: FPI, PA 212, hingga GNPF-Ulama ke MK Dukung Putusan Adil

 

Kemudian 90,8% responden mengaku kenal dengan Sandiaga Uno dan 90,2% menyatakan kenal dengan Anies Baswedan yang telah diusung Partai Nasdem sebagai capres 2024. “Ada juga nama-nama lain yang popularitasnya meningkat seperti Moeldoko, Erick Thohir dan AHY,” pungkasnya.

Survei ini dilakukan tanggal 4 s/d 14 November 2022 di 34 (tigapuluh empat) provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melaluiteknik pengambilan sampel secara acak bertingkat(multistage random sampling). Margin of error +/- 2,8 persen, dan pada tingkat kepercayaan(level of confidence) sebesar 95 persen. rko

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU