Terdakwa Willem Pengemudi Mobil Audi Diduga Gunakan Plat Nomer Palsu

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Jan 2023 19:09 WIB

Terdakwa Willem Pengemudi Mobil Audi Diduga Gunakan Plat Nomer Palsu

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Willem Fredrick Mardjugana diseret di pengadilan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Uwais Deffa I Qorni terkait perkara pemukulan terhadap mahasiswa  dengan menggunakan tongkat baseball, dengan agenda keterangan saksi korban Rafael di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. (31/01/2023).

Dalam sidang kali ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Uwais Deffa I Qorni dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya menghadirkan saksi korban Rafael dan Juru Parkir Agus Setiawan.

Baca Juga: Polisi Menetapkan 5 Orang Sebagai Tersangka

Rafael mengatakan, bahwa terkait kejadian tersebut, “Berawal saat saya pulang dari kulias lalu rencananya mau makan, dengan menggunakan mobil milik Felik yang sudah terparkir di Indomaret Dinoyo Surabaya. Saat mobil mau keluar dengan mengundurkan mobil, namun terhalang oleh mobil sedan Audi warna hitam. Kemudian pengemudi mobil Audi (terdakwa) melotot ke arah saya sembari bilang apa-apa.”

"Kemudian saya memberikan isyarat tangan jempol dengan maksud aman boleh jalan," kata Rafael di hadapan Majelis Hakim di ruang Sari 3 PN Surabaya.

Ia menambahkan, mobil Audi tidak bergerak, kemudian saat mobil kami hendak mundur, terdakwa turun lalu membuka pintu bagian kedua untuk mengambil sesuatu lalu spontan bilang untuk merekam. Kemudian terjadilah cekcok dan saat itu terdakwa sudah membawa tongkat Baseball, “Lalu saya dipukul dengan tongkat tersebut sekali ke arah pipi, kemudian terdakwa pergi.”

"Setelah kejadian pemukulan tersebut, saya menanyakan video, lalu visum ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk visum dan kemudian membuat laporan ke Polrestabes Surabaya," tambanya.

Saat disinggung oleh JPU Uwais apakah sudah ada perdamaian atau terdakwa meminta maaf terkait permasalahan ini. "Sampai sekarang belum ada perdamaian dan terdakwa juga belum minta maaf, saya sudah memaafkannya, namun proses hukum tetap berjalan.

Lanjut pertanyaan dari JPU, apakah terkait pemukulan tersebut, menghalangi aktifitas kegiatan saksi." Selama 4-5 hari masih terasa ngilu dan sulit untuk tertawa besar," beber Rafael.

Atas keterangan saksi terdakwa tidak membatahnya.

Untuk diketahui berdasarkan surat dakwaan dari JPU menyebutkan, bahwa terdakwa Willem Fredrick Mardjugana mengendarai mobil Audy A4 dengan nopol L 1934 AAG warna hitam. Saat itu, Willem hendak memundurkan mobil untuk keluar dari tempat parkiran Indomart yang berada dj Jalan Mojopahit Nomor 1 Keputran, Kota Surabaya. Bersamaan, ada pengendara mobil lain sekaligus korbannya, yaitu Felix Kurniadi. Mengetahui ada mobil yang juga hendak keluar, Felix berhenti untuk mempersilahkan Willem untuk keluar terlebih dulu. 

Namun, terdakwa justru berhenti dan tidak mundur keluar. Dalam selang waktu beberapa lama dikarenakan terdakwa tidak memundurkan mobilnya, saksi Felix Kurniadi kembali memundurkan mobilnya untuk keluar.

Hal itu rupanya juga diketahui beberapa teman Felix yang ada di dalam mobil, yakni Rafael Tanagani, Ananda Bagus Aradhana, Maria Magdalena Trisetyawty, dan Janice Dea Audrey. Kala itu, Rafael menengok melalui kaca jendela dan melihat Willem melotot dari dalam mobilnya. 

Baca Juga: Heboh! Kilat Petir Unik di Dubai Berbentuk Mirip Peta Palestina, Pertanda Apa?

Lalu, Rafael memberikan gesture menggunakan tangan jempol untuk mempersilahkan Willem memundurkan mobilnya terlebih dahulu. Melihat hal tersebut, Willem bukan memundurkan mobil, justru membentak Rafael. Mengetahui hal itu, Felix dan Rafael turun dari mobil. Bersamaan, Willem juga keluar dari mobil.

Namun, Willem tidak langsung menghampiri Felix dan Rafael. Justru, membuka pintu belakang mobil sebelah kanan dan mendatangi keduanya sembari membawa tongkat baseball. 

Lantas, Willem mengancam Rafael menggunakan tongkat baseball yang sedang dibawa. Sontak, nyali Rafael tak ciut dan tetap mempersilakan Willem untuk memukulnya.

Dijawab oleh saksi Rafael Tanagani 'Pukul saja, kalau mau pukul, pukul saja'. Sontak, terdakwa langsung memukul menggunakan tongkat baseball dengan keras ke arah wajah sebelah kanan dan mengenai pipi saksi Rafael Tanagani.

Pemukulan tersebut menyebabkan pipi Rafael memerah, mengalami memar dan bengkak warna merah. Bahkan, Rafael mengaku terasa pusing. 

Setelah melakukan pemukulan, Willem langsung bergegas meninggalkan lokasi tersebut tanpa memperhatikan luka yang dialami oleh Rafael.

Baca Juga: Makin Ngeri! Mampu Terobos Banjir Besar, Mobil Listrik Tesla Dicap ‘Amfibi’

Berdasarkan hasil visum, Rafael mengalami luka pada pipi kanan dan luka memar disertai bengkak warna merah ukuran 7 cm x 5 cm. Beberapa hari setelah kejadian itu, Willem dibekuk. Lalu, diancam pidana sesuai Pasal 351 ayat (1) KUHP terkait penganiayaan.

Selepas sidang Rafael menjelaskan, bahwa saat di Indomaret sempat memfoto plat nomer mobil sedan Audi dengan Nopol L-1934 ACC, ini beda dengan nomer mobil yang ada didalam berita.

"Ini apa namanya, diduga ada pemalsuan plat nomer mobil Audi tersebut," kata Rafael selepas sidang kepada awak media, sembari menunjukan bukti foto mobil yang digunakan oleh pengemudi mobil sedan Audi (terdakwa).

Berdasarkan pengecekan di website Dispenda Jatim, Nopol L 1934 ACC, tercatat merk Toyota tipe Kijang Innova J XW40, 

Terkait adanya perbedaan plat nomer mobil Audi, JPU Uwais menjelaskan, berdasarkan berkas kami hanya menyita plat nomer mobil Audi L- 1934 AAG dan ini yang diajukan adalah perkara penganiayaan di persidangan.

"Ini adalah perkara Penganiayaan mas," katanya. nbd

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU