Tingkatkan Penglihatan Secara Alami dengan Senam Mata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Agu 2021 10:40 WIB

Tingkatkan Penglihatan Secara Alami dengan Senam Mata

i

Salah satu gerakan senam mata. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Seiring pencegahan pandemi Covid-19 yang semakin ketat, salah satunya dengan PPKM Darurat ini mengharuskan beberapa pegawai dan karyawan harus Work From Home (WFH). Namun nyatanya melakukan pekerjaan dari rumah telah meningkatkan banyak waktu manusia untuk berada di depan layar.

Dengan beban kerja yang meningkat dan tidak ada tempat untuk pergi, kita semua menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton layar. Karena seringnya menatap layar tersebut dapat berisiko menyebabkan penyakit mata dan kelelahan mata. Ditambah dengan adanya cahaya biru berbahaya yang dipancarkan dari smartphone dapat mempercepat kebutaan.

Baca Juga: Winter Aespa Jalani Operasi Pneumotoraks, Agensi Bakal Prioritaskan Pemulihan

Namun, ada beberapa cara alami untuk menjaga kesehatan dan penglihatan mata, salah satunya dengan melakukan senam mata. Diantaranya palming yang merupakan latihan ringan yang mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan penglihatan.

Untuk melakukan latihan, cukup gosokkan kedua telapak tangan Anda untuk menghasilkan panas. Kemudian dengan lembut letakkan telapak tangan di mata selama beberapa detik dan ulangi 5-7 kali.

Senam mata selanjutnya adalah dengan mata bergulir adalah olahraga lain mudah yang dapat Anda lakukan kapan saja. Mulailah dengan memutar mata searah jarum jam selama beberapa menit. Istirahat dan putar mata berlawanan arah jarum jam. Ulangi selama 5 kali.

Baca Juga: Tak Ada WFH, Pj Ali Kuncoro Tegaskan ASN Pemkot Mojokerto Kembali Kerja Usai Libur Lebaran

Tak hanya itu, senam mata selanjutnya juga bisa dengan memfokuskan kembali yaitu latihan yang harus dilakukan saat terus bekerja menghadap laptop. Pada interval tertentu, pandangan menjauh dari layar dan fokus pada objek yang jauh. Lihat telapak tangan Anda dan sekali lagi fokus pada objek yang jauh. Ulangi 5 kali.

Dan jangan lupa untuk rajin berkedip dengan menutup mata selama 2 detik, lalu buka dan berkedip cepat selama 5 detik. Ulangi 5-7 kali.

Gunakan jarak yang signifikan dan jangan terlalu dekat dengan layar saat bekerja di depan komputer atau menonton serial favorit di ponsel, setiap 20 menit, lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

Baca Juga: Pemudik Boleh "Bolos" Asal Ber-WFH

Selain senam mata, ada baiknya juga menata asupan makan dengan benar. Makan makanan kaya antioksidan yang meliputi sayuran hijau, kuning telur, paprika kuning, ubi jalar, labu, dan wortel.

Sayuran kuning dan hijau juga membantu mencegah pembentukan makula, yang bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Sertakan ikan dalam makanan atau kapsul minyak ikan untuk mencegah pembentukan katarak.

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU