Total 62 Penghuni Rusun di Surabaya Terpapar Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 08 Jun 2021 14:55 WIB

Total 62 Penghuni Rusun di Surabaya Terpapar Covid-19

i

Penghuni Rusunawa Penjaringansari Surabaya tes swab massal, Senin (24/5/2021). SP/INW

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kasus terpapar Covid-19 penghuni rumah susun di Surabaya kembali bertambah. Setelah sebelumnya ada 50 orang, saat ini ada tambahan 12 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita  menjelaskan total penghuni rusun terpapar virus Corona ada 62 orang.

Baca Juga: Gelar Kompetisi Meracik Kopi, NESC Tingkatkan Ketrampilan Barista Surabaya

"Kemarin terakhir (Kasus COVID-19 di rusun ada) 50. Ada lagi tambahan 12-an pasien totalnya menjadi 62," kata Fenny, sapaan akrabnya, Selasa (8/6).

Fenny menyebut COVID-19 tersebar di 18 rusun yang dikelola Pemkot Surabaya. Namun, jumlah yang paling banyak yakni di Rusun Penjaringan Sari. "Yang 12 (Tambahan COVID-19 ini) tersebar. Ada yang bersih (tidak ada kasus). Penjaringan Sari sekitar 40-an yang kena. Paling banyak Penjaringan," jelasnya.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Berolahraga dan Bersenang-senang, AKG Entertainment Gelar Pokemon Run 2024 di Surabaya

Di Rusun Penjaringan Sari, awalnya terdapat sekitar 25 penghuni yang positif COVID-19. Lalu dari hasil tracing, rata-rata warga rusun melakukan perjalanan luar kota pada 4 hingga 5 hari sebelum dilakukan swab massal.

"Karena yang di rusun lain itu ada yang memang tidak pulang (luar kota). Tapi di Rusun Penjaringan Sari (Ada yang luar kota). Mereka menyampaikan baru datang sekitar 4-5 hari sudah sampai di Surabaya. Swab itu hari ke-5 mereka datang (ke Surabaya). Semua diisolasi di Asrama Haji, tapi banyak yang sudah pulang. Karena pada saat 2 hari di sana setelah diberi obat, dan vitamin, hasil swabnya negatif. Rata-rata usia produktif dan mereka tanpa gejala," pungkasnya

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Sebelumnya pada Minggu (6/6), sebanyak 10.390 penghuni rusun telah mendapat vaksinasi COVID-19 merek Sinovac. Selain penghuni rusun, pemkot juga melakukan vaksinasi tahap ketiga kepada penyandang disabilitas, ODGJ dan MBR.

Pascalebaran, pemkot juga menggelar swab massal bagi seluruh warga penghuni 18 Rusunawa Surabaya. Dari total 10.240 jumlah penghuni rusun yang mengikuti swab, sekitar 50 orang dinyatakan positif COVID-19.dk/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU