Truk Pengangkut Sampah di Banyuwangi Terguling

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Okt 2022 19:30 WIB

Truk Pengangkut Sampah di Banyuwangi Terguling

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Truk pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi terguling di Jalan Mh Thamrin atau di Perempatan Lampu Merah Lateng.

Awalnya, truk pengangkut sampah berpelat merah dengan nopol P 8392 QP ini melaju dari arah utara Jalan Basuki Rahmat dan berbelok ke barat menuju Jalan MH. Thamrin, Senin (10/10/2022) sore.

"Truk dari arah utara ke barat. Selepas berbelok dari lampu merah, truk tiba-tiba terguling," ujar Tuhro (60), salah seorang saksi mata yang saat itu berada tak jauh dari lokasi kejadian.

Saat truk terguling, lanjut Tuhro, sampah yang diangkut truk Hino itu pun tumpah di tepi jalan serta trotoar. Beruntung, sopir dan kernet truk selamat. Keduanya muncul dari dalam truk sesaat setelah kejadian.

"Sopir sama kernetnya selamat," katanya.

Namun, imbas kecelakaan itu, bau tak sedap menyerbak di sekitar lokasi. Beberapa kendaraan roda dua yang sedang berada di traffic light pun menutup hidung dan mulut karena bau.

Tak berselang lama, kendaraan truk pengangkut sampah lainnya datang. Petugas kebersihan pun tiba di lokasi dan langsung membersihkan sampah yang tercecer di jalan hingga trotoar.

Sementara sopir truk, Solehan mengatakan, insiden ini terjadi usai truk memungut sampah dari Pasar Blambangan. Kala itu, ia hendak membawa sampah ke Bangsring. Saat tiba di daerah Ketapang, ia kepergok atasannya dan diperintahkan kembali ke Kantor DLH untuk mengambil terpal penutup truk.

"Tadi setelah ambil sampah di Pasar Blambangan, saya dicegat atasan dan diperintahkan untuk kembali ambil terpal karena saat ini ada penilaian Adipura," kata Solehan ditemui di lokasi kejadian.

Nahasnya, truk mengalami kecelakaan tunggal sebelum sampai tujuan. Truk terguling di Jalan MH. Thamrin, selepas bermanuver dari Lampu Merah Lateng.

"Padahal saya sudah pelan-pelan, tapi tiba-tiba truk miring lalu terguling, ya namanya mungkin lagi apes ya," ungkapnya.

Terpisah, Kanit Gakkum Sat Lantas Polresta Banyuwangi, Ipda Wahid Hasyim membenarkan insiden kecelakaan tersebut. Dari hasil identifikasi polisi, kecelakaan tunggal itu terjadi karena kelalaian sopir truk.

"Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material yang ditaksir Rp 3 juta. Truk sudah dievakuasi dan arus lalu lintas sudah kembali lancar," tegasnya.

Baca Juga: Polisi Razia Pedagang Petasan di Banyuwangi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU