Vaksinasi Tahap 4 Surabaya Utamakan RT-RT Zona Merah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 25 Jun 2021 14:37 WIB

Vaksinasi Tahap 4 Surabaya Utamakan RT-RT Zona Merah

i

 Pemkot Surabaya akan mengutamakan vaksinasi massal ke daerah-daerah yang berzona merah. SP/RE/THOUDY BADA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19 yang mengalami peningkatan kasus, vaksinasi massal untuk masyarakat umum, yakni warga yang berusia 18 tahun ke atas di Surabaya mengutamakan daerah RT yang berzona merah. Diketahui, 31 RT di Kota Surabaya telah masuk dalam zona merah. Sedangkan 248 RT lainnya masuk zona kuning.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Febri Adhitya Prajatara mengatakan, saat ini jumlah warga di Surabaya yang telah menerima vaksin sudah lebih dari 1,3 juta orang. Tahapan vaksinasi sudah juga terlewati mulai dari tahap 1 sampai tahap 4.

Baca Juga: Gelar Kompetisi Meracik Kopi, NESC Tingkatkan Ketrampilan Barista Surabaya

 Febi mengatakan untuk menghadapi situasi kasus Covid-19 yang melonjak, Pemkot Surabaya akan mengutamakan vaksinasi massal ke daerah-daerah yang berzona merah. 

“Vaksinasi tahap 4 untuk masyarakan umum usia 18 tahun hingga pra lansia, dikhususkan di zona-zona merah. Kali ini untuk mengantisipasi penyebaran, kami utamakan dulu kawasan zona merah, yang zona kuning menunggu dulu,” kata Febri, Jumat (25/6/2021). 

Baca Juga: Ajak Masyarakat Berolahraga dan Bersenang-senang, AKG Entertainment Gelar Pokemon Run 2024 di Surabaya

Menurut Febri, Pemkot Surabaya sengaja menargetkan wilayah vaksinasi massal per RT di setiap kecamatan. Mengenai berapa jumlah RT yang berzona merah dan di RT mana saja, Febri mengatakan data tersebut sudah tertera di laman website lawancovid-19.surabaya.go.id. 

“Vaksinasi massal menyasar ke RT-RT, kita tembak di sekitaran RT tersebut. Kalau kita lihat di lawancovid-19 sudah tertera di sana berapa RT yang berzona merah, zona kuning dan jumlah jiwa. Juga berapa yang belum divaksin dan sudah divaksin,” paparnya.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Sambut Delegasi Perdagangan dari Tiongkok

Selain vaksinasi massal, Satgas Covid-19 Surabaya juga menggencarkan tes massal di ruang-ruang publik yang berpotensi kerumunan dengan mengerahkan tim swab hunter. Dengan upaya tracing, testing, dan treatment diharapkan penanganan Covid-19 di Surabaya lebih optimal.

 “Kita setiap malam ada swab hunter karena PPKM Mikro berjalan jadi tempat-tempat akan kami swab hunter, melakukan patroli di pasar, mal, dan lainnya,” tambah Febri. non/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU