Wabup Pasuruan: Guru Jadi Tauladan Bagi Anak Didiknya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Mei 2023 16:26 WIB

Wabup Pasuruan: Guru Jadi Tauladan Bagi Anak Didiknya

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Semua guru di Kabupaten Pasuruan adalah tenaga pendidik yang dapat diandalkan. Maka dari itu, Wakil Bupati Mujib Imron menyatakan keyakinannya terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan kewajiban dan tugas-tugas utamanya.

Disampaikan dalam acara Halal Bihalal PGRI Cabang Winongan yang digelar di halaman SMPN 1 Winongan Senin (29/5/2023), Gus Mujib sapaan familiar Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini tersebut menekankan tentang tugas utama guru yang harus dimaksimalkan dalam aktivitas keseharian. Mulai dari mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai hingga mengevaluasi peserta didik.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Siap Support Pesta Rakyat Ski Lot

"Majunya sebuah negara adalah kalau guru-gurunya bisa dijadikan contoh bagi siswa didiknya. Saya percaya, semua guru di Kabupaten Pasuruan mampu menjadi tauladan bagi anak didiknya," ucap Wakil Bupati.

Ditambahkan Gus Mujib, jika semua guru mengoptimalkan tugas dan perannya di masing-masing lembaga pendidikannya, sudah barang tentu akan berdampak signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Dengan demikian akan berpengaruh terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Pasuruan.    

Baca Juga: Kebutuhan Guru di Kota Malang Sangat Tinggi

"Meskipun memang tugas guru memang berat dalam mendidik generasi bangsa. Tapi saya yakin, semuanya mampu. Tentunya semuanya harus diniati dengan ibadah. Saya mohon, Bapak Ibu guru juga terus mensinergikan antara pendidikan formal dan non formal dalam sistem pembelajaran yang diterapkan di kelas," pesan Wakil Bupati kepada seluruh anggota PGRI Cabang Winongan.

Dalam acara silaturahmi yang berlangsung penuh keakraban tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Hasbullah dan Ketua PGRI Kabupaten Pasuruan, Musta'in. Berikut Forkopimka, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasuruan.  

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 24 Miliar

Selain itu, kegiatan juga diikuti oleh 625 anggota PGRI Cabang Winongan. Adapun rinciannya terdiri dari beberapa lembaga pendidikan di wilayah Kecamatan Winongan. Seperti Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGKTI), SD/SDI, SMPN/Madrasah Tsanawiyah, SMKN/Madrasah Aliyah dan seluruh tenaga pendidik di masing-masing lembaga. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU