Wamenkumham Kunjungi Lapas Klas II B Blitar/LPKA dan Imigrasi, Pembinaan WBP Sudah Sesuai SOP

Wamenkumham Edwar Omar Sharif ketika mengunjungi Blok dan meyaksikan kegiatan WBP. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar -  Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiaredj melakukan kunjungan kerjanya di Blitar pada Kamis (4/11) pukul 09.00 WIB.  Kunjungan yang didampingi Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur Krismono, diawali kunjunganya di LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) di jalan Bali Kota Blitar dengan didampingi Walikota Blitar H Drs Santoso M.Pd,  Kapolres Blitar Kota Dr Yudhi Hery Setyawan S.IK M.Si dan Perwira Kodim 0808 Blitar mewakili Komandan Kodim Letkol Didin Nasrudin Darsono M.Han. 

 

Rombongan mengunjungi di setiap ruangan (Blok) sel khusus anak anak tersebut, Wamenkumham menyempatkan berdialog dengan penghuni. Dalam dialog itu Wamenkumham yang sehari hari dipanggil Eddy Hiaredj itu, berpesan kepada anak anak penghuni LPKA, agar disiplin, jaga kesehatan juga mengharapkan,  kelak bila kembali ke masyarakat harus bisa mandiri dalam kehidupan yang berguna dirinya sendiri, maupun keluarga.

"Kalau adik adik sudah kembali ke masyarakat tunjukan kemampuanmu untuk bisa hidup mandiri dan yang kamu peroleh dari pembinaan di dalam bisa untuk bekal di kemudian hari, pesan saya jangan di ulang perbuatan perbuatan yang lalu, perbanyak ibadahmu," pesan pria bertubuh tinggi ini.

Setelahnya dari LPKA rombongan Wamenkumham dilanjutkan kunjunganya di Kantor Imigrasi di Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Disana rombongan melihat secara langsung pelayanan kantor Imigrasi, juga Eddy Hiaredj menyempatkan menyaksikan langsung pelayan kepada masyarakat di loket pelayanan, dan berdialog dengan para masyarakat yang menunggu giliran untuk pelayanan, dari kunjunganya di Kantor Imigrasi rombongan Kemenkumham melanjutkan kunjungan di Lapas Kelas II B Blitar yang terletak di Timur Alun Alun Kota Blitar.

Juga dalam kesempatan itu pula Wamenkumham menyaksikan  secara langsung di setiap ruang (Blok)  yang dihuni WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) dari segi kebersihan dan situasi dalam ruangan para WBP, tak ketinggalan orang nomor dua di Menkumham ini  memberi wejangan para WBP yang intinya selama menjadi WBP harus mematuhi disiplin dengan aturan aturan yang telah ditetapkan oleh lapas.

"Ingat keluargamu di rumah menunggu kebebasanmu, untuk itu harus disiplin, jangan membuat kegaduhan apa lagi sebagai pengedar narkoba tidak ada ampun bagi WBP yang ketahuan pengedar narkotika jenis apapun termasuk sabu sabu dan tingkatkan ketakwaan dan keimanan kalian, karena taqwa dan ibadah bisa mengendalikan diri dari perbuatan yang melanggar hukum," tegas Eddy yang  didampingi PLT Kalapas Tatang Suherman, Walikota dan Kapolres Blitar kota juga Kepala Kemenkumham Jawa Timur Krismono.

Mengakhiri kunjungannya, Wamenkumham menyempatkan melihat kegiatan WBP saat menggelar kegiatan kemandirian WBP untuk bekal kehidupan kedepannya, seperti kerjakan mengelas, pertukangan dan kerajinan tangan oleh para WBP di ruang kerja para WBP sesuai dengan bidang ketrampilan.

Setelah kunjunganya di Lapas Klas II B, rombongan melanjutkan ziarah ke makam BK, usainya tabur bunga, Walikota Blitar Santoso menyematkan pin Gambar Bung Karno di kerah kiri baju Wamenkumham di teras Makam Bung Karno, dan diakhiri foto dengan Walikota, Kapolres Blitar Kota dan Perwira Staf Kodim 0808 Blitar.

"Jadi kami Kemenkumham melakukan pembinaan terhadap WBP keseluruhan  sudah sesuai dengan SOP." Jawab Eddy Sarip Hiariddy singkat, saat ditanya tentang kejadian akhir akhir ini dalam Lapas sambil menuju ke mobil rombongan. Les