Wisata Umbul Square Dibuka Lagi

Setelah beberapa kali buka tutup akibat pandemi Covid-19, Umbul Square kembali buka. SP/UMBUL SQUARE

SURABAYAPAGI, Madiun Lembaga Konservasi dan Wahana Wisata Madiun Umbul Square akhirnya kembali dibuka untuk umum setelah beberapa bulan ditutup.

Direktur Madiun Umbul Square, Afri Handoko  menuturkan setelah beberapa kali buka tutup akibat pandemi Covid-19, Umbul Square kembali buka pada 17 Mei 2021, lalu. Meski jumlah pengunjung yang datang masih jauh dari target.

"Kurang lebih sudah buka sekitar dua minggu, sejak 17 Mei 2021. Animo masyarakat cukup tinggi. Walaupun cukup jauh dari ekspektasi kita. Kapasitas pengunjung pada saat normal kan 3.000, saat ini diizinkan buka tapi kapasitas maksimal separonya, 1.500 pengunjung," jelas, Minggu (30/5).

Ia menuturkan, akibat pandemi Covid-19, pihaknya harus putar otak agar 157 satwa yang dipelihara di Umbul Square tetap dapat hidup sehat. Ada beberapa strategi yang dilakukan, agar pihaknya tetap mendapatkan pemasukan.

"Strategi kami, ketika pandemi kami bagaikan 20 ribu tiket gratis, khusus untuk pengunjung anak-anak. Alhamdulillah saat ini sudah kembali, rata-rata sehari 150 hingga 200 pengunjung. Anak-anak ini nanti kan pasti ditemani orangtuanya, ajak keluarganya," katanya.

Selain itu, Umbul Square juga membuka donasi untuk membeli makan bagi satwa. Dalam waktu satu setengah bulan, terkumpul Rp 60 juta.

"Mudah-mudahan semuanya kembali normal dan kami bisa buka kembali supaya tidak merepotkan banyak pihak," katanya.

Dia menambahkan, bagi warga yang ingin Lembaga Konservasi dan Wahana Wisata Madiun Umbul Square, diminta mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker dan menjaga jarak.tn/na