Ajak RDP PD Pasar, DPRD Kediri Inginkan Ada Perombak Direksi

Pasar Setono Betek Kota Kediri yang dinilai Komisi B DPRD Kota Kediri kurang maksimal pengelolaannya. SP/DUCANG

SURABAYAPAGI, Kediri - Komisi B DPRD Kota Kediri mengajak Rapat Dengar Pendapat (RDP) PD. Pasar Kota Kediri beberapa waktu lalu. RDP tersebut tak lain membahas sejumlah pasar di Kota Kediri yang dinilai kurang maksimal. Permasalahan kualitas sumber daya manusia yang ada di PD Pasar menjadi sorotan utama bagi anggota dewan yang membidangi hal tersebut.

Ketua Komisi B DPRD Kota Kediri, Erita mengatakan, perombakan direksi manajemen PD Pasar dinilai perlu dilakukan. Pasalnya, selama ini belum ada hasil yang signifikan dalam kesuksesan pengelolaan pasar di Kota Kediri.

Erita menyoroti kegagalan operasional pasar sebagai tanggung jawab dari direksi pasar. Dia mengungkapkan sumber daya manusia (SDM) dari PD Pasar masih belum maksimal. “Selama ini bagaimana kinerja dari PD Pasar itu? Kok masih banyak masalah,” imbuh politisi Partai Gerindra ini.

Salah satu masalah yang paling terasa adalah mengenai sepinya lantai dua di Pasar Setono Betek. Padahal, Erita mengungkapkan masalah tersebut seharusnya sudah selesai sejak dulu. "Ini satu saja masih tidak maksimal. Padahal di Kota Kediri ada sembilan pasar," tambahnya.

Ketua Komisi B tersebut ingin adanya pergantian direksi PD Pasar Kota Kediri. Dengan alasan kurang maksimal. Harapannya, orang-orang yang menangani pasar harus mempunyai kriteria mumpuni. Seperti apakah sesuai dengan bidangnya, kesesuaian latar belakang pendidikan. Dan terakhir adalah pengalaman kerja sebelumnya.

Sementara itu, menanggapi sorotan dari Komisi B DPRD Kota Kediri, Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Joyoboyo Ichwan Yusuf mengungkapkan, sudah sangat maksimal dalam pembangunan pasar. "Menyoal pembangunan kita sudah upayakan bersama dinas PU (Pekerjaan Umum, Red)," jelas Ichwan Yusuf.

Lebih lanjut, Ihwan mengatakan masalah di lantai dua Pasar Setono Betek sudah ditangani PD Pasar. Semua pedagang lama sudah dicover dengan kebijakan baru. Lantai dua akan segera dibuka untuk masyarakat umum. Dari penjualan makanan hingga perkantoran. “Motivasi PD Pasar Joyoboyo adalah mengoptimalkan bangunan untuk mengoptimalkan pendapatan,” tutupnya. Can