Anggota Polisi Digerebek saat "Bertamu" di Rumah Istri Orang, Larut Malam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 26 Jul 2022 20:13 WIB

Anggota Polisi Digerebek saat "Bertamu" di Rumah Istri Orang, Larut Malam

i

Rumah seorang perempuan beristri di Perum Megah Regency, Jombang, yang diduga digerebek oleh warga karena anggota polisi bertamu hingga larut malam.

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Oknum polisi yang bertugas di Polres Mojokerto Kota, Ipda B, digerebek warga Jombang karena kedapatan berduaan di wanita bersuami hingga larut malam.

Penggerebekan itu terjadi di rumah Blok J nomor 7 Perum Megah Regancy, Dusun Gerbong, Desa Sumberjo, Kecamatan Jogoroto, Jombang, pada Senin (25/07/2022) malam. Warga yang menggerebek rumah milik H itu mendapati Ipda B bersama istri pemilik rumah di dalam rumah. Sedangkan suami H sedang bekerja di luar kota. "Di rumah situ sejak sore jam setangah 5. Di rumah hanya berdua," kata salah satu tetangga berinisial R saat dikonfirmasi awak media, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Panen Padi, Buruh Tani di Mojokerto Tiba-tiba Ambruk dan Meninggal Dunia

Warga pun menaruh curiga terhadap keduanya karena sampai larut malam. Lantaran resah, Warga lingkungan perumahan lantas mendatangi rumah tersebut pada pukul 22.00 WIB.

Akhirnya dua orang warga menanyai oknum anggota polisi tersebut saat hendak pulang dari rumah perempuan yang diketahui istri dari anggota TNI AD.

Kepada warga, Ipda B mengaku kedatangannya di rumah perempuan tersebut hanya sebatas bisnis. Akan tetapi warga tetap tidak percaya. Warga menduga Ipda B ada hubungan khusus dengan wanita pemilik rumah.

"Jadi, di situ ada polisi Ipda yang bertamu ke rumah Bu H di perumahan. Katanya mau transaksi jual beli rumah," ucapnya.

Saat itu, warga juga sempat mendatangkan aparat desa. Usai diamankan warga selanjutnya dibawa ke Polsek Jogoroto. Penggerebekan itu menghebohkan warga sekitar, bahkan viral di media sosial.

Kasi Humas Polres Jombang Iptu Qoyum membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan, saat ini kasus tersebut dalam penanganan Satreskrim Polres Jombang.

"Jadi, saat ini kami masih melakukan langkah-langkah tindakan dari Polsek Jogoroto. Nah dari Polres Jombang ini masih melakukan upaya-upaya pemeriksaan," ungkapnya.

Qoyum juga memastikan Ipda B  merupakan anggota Polres Mojokerto Kota. Karena itu, pemeriksaan kedinasan akan dilakukan oleh Polres Mojokerto Kota.

Baca Juga: Terciduk Edarkan Pil Double L 1.600 Butir, Dua Pemuda di Mojokerto Berhasil Diamankan

"Nanti kalau terkait dengan propam, yang melakukan Polres Mojokerto Kota.  Di Polres Jombang terkait tindak pidananya," pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Kota Iptu M Khoirul Umam membenarkan Ipda B bertamu ke rumah wanita yang sudah bersuami tersebut. Namun ia mengaku tidak tahu secara pasti apakah saat itu istri H di rumah sendirian atau bersama suaminya saat Ipda B bertamu.

"Berkunjung dari rumah ibu itu. Keterangan yang bersangkutan (Ipda B) atas undangan saja. Informasi (tentang urusan apa Ipda B datang ke rumah H) nanti dari (hasil) penyelidikan saja," kata Umam ketika ditemui wartawan di Mapolres Mojokerto Kota, Jalan Bhayangkara, Selasa (26/7/2022).

"Untuk waktu, saya belum tahu. Kami menunggu keterangan dari penyidik yang melakukan pemeriksaan kepada beliau. Semoga kasus ini cepat selesai dan tidak ada kerugian dari yang bersangkutan," jelasnya.

Meski mengaku belum tahu Umam menampik bahwa Ipda B digerebek warga di dalam rumah istri H. Menurutnya, Ipda B keluar dari rumah di blok J nomor 2 itu sekitar pukul 21.30 WIB. Sampai di pintu keluar perumahan, Ipda B diadang oleh 2 orang warga.

“Hasil klarifikasi saya , sebetulnya bukan penggerebekan di dalam rumah. Yang sebenarnya adalah diberhentikan tiba-tiba oleh dua orang warga, karena yang bersangkutan tidak ada fikiran negatif kepada dua warga itu otomatis dia jalan saja ke portal,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan di Mapolresta Mojokerto, Selasa (27/7/2022).

 Belum sempat keluar portal, jelas Umam, tiba-tiba Ipda B terjatuh dari sepeda motornya. Ia mengalami luka pada bagian tubuhnya. “Kemudian yang bersangkutan terjatuh dan mengalami luka-luka. Pak B itu otomatis jatuh sebelum keluar perumahan,” katanya.

Akan tetapi, Umam belum bisa memastikan penyebab Ipda B jatuh dari sepeda motornya.

Baca Juga: Viral! Suami di Bangkalan Gerebek Istri di Kamar Hotel, Terciduk Selingkuh dengan Pria Sekantor

Informasi yang diterima, Ipda B ini merupakan Waka Polsek Dawarblandong yang masuk wilayah hukum Polres Mojokerto. Disinggung perihal itu, Umam tidak membantah dan tidak membenarkan. “Nanti ada keterangannya. Yang jelas anggota Polres Mojokerto Kota,” pungkasnya.

 

Anggota Polisi Luka-luka

Terpisah, dalam aksi tersebut mengakibatkan 2 warga dan Ipda B terluka.  Kepala Dusun Gerbong, Wijayadi Purnomo mengaku menerima laporan warga perumahan sekitar pukul 22.00 WIB.

"Yang intinya dia (warga perumahan) menyatakan sebagai korban. Saya tanya korban apa? (Warga menjawab) saya diseret sepedanya, bapak polisi dengan pangkat Ipda, tapi nama lebih jelasnya saya kurang paham. Saya lihat KTA-nya kemarin memang sebagai anggota polisi dengan pangkat Ipda," kata Purnomo kepada wartawan di Kantor Desa Sambirejo, Selasa (26/7/2022).

Ketika datang ke lokasi, lanjut Purnomo, Ipda B dan sekitar 15 hingga 20 warga sudah berada di jalan perumahan. Menurutnya, warga perumahan menegur Ipda B karena bertamu di rumah istri H sampai larut malam.

"Bapak polisi ini ditegur dan ditanyain kurang kooperatif, katanya gitu. Sedangkan bertamunya sudah larut jam malam. Akhirnya mungkin dia pegang sepedanya polisi itu sehingga terseret atau apa, menimbulkan luka di lutut dan mata kaki, korban dua orang," terangnya.

Purnomo mengaku sempat memediasi Ipda B dengan warga di rumahnya. Ia berharap insiden 2 warga yang terluka diduga akibat terseret sepeda motor Ipda B bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Namun, warga meminta masalah itu dibawa ke Polsek Jogoroto.

"Sudah saya mediasi di rumah saya, bagaimana kalau ini diselesaikan secara kekeluargaan. Dari pihak (warga) perumahan tidak mau, tetap dilaporkan ke polsek. Tindak lanjut dari polsek kami tidak tahu. Apakah dilanjut ke mana saya belum tahu. Saat ke polsek saya tidak mengawal karena kondisi kesehatan saya dan jam sudah malam," ujarnya.

Saat ini, Ipda B berada Mapolres Jombang guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut. dwi/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU