BMKG Prediksi Perairan Laut Jatim Kondusif Selama 5 Hari ke Depan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 30 Mar 2021 16:46 WIB

BMKG Prediksi Perairan Laut Jatim Kondusif Selama 5 Hari ke Depan

i

Prediksi cuaca dari BMKG Tanjung Perak, Selasa (30/03/2021). SP/ BMKG Tanjung Perak

SURABAYAPAGI,Surabaya - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak memprediksi selama lima hari kedepan, kondisi perairan laut di Jawa Timur sangat kondusif.

 Menurut Koordinator Bidang Observasi dan informasi BMKG Tanjung Perak Sutarno, curah hujan di laut Jawa rata-rata berada pada intensitas ringan dengan kecepatan angin antara 11 knots dan 21 knots. 

Baca Juga: Tuban Diguncang Gempa, Warga Surabaya dan Sidoarjo Rasakan Getaran, BMKG: Waspada Susulan

"Untuk lima hari kedepan kondusif. Untuk arah angin didominasi dari Timur Tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 11 knots atau 20 km/jam dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 21 knots atau 39 km/jam," kata Sutarno, Selasa (30/03/2021). 

Adanya curah hujan yang ringan, berimplikasi pada rendahnya gelombang di perairan Jatim. Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara dan di Laut Jawa bagian timur antara 0,2 meter hingga 0,3 meter. Sementara untuk perairan selatan Jatim, tinggi gelombang mencapai 3,3 meter.  

Baca Juga: Gempa 6,1 M Guncang Tuban Siang Ini, Terasa Sampai Surabaya hingga Yogyakarta

Kendati tinggi gelombang tak separuh bulan Februari, Sutarno mengingatkan untuk selalu berwaspada ketika melaut. Mengingat beberapa pelabuhan seperti Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Jangkar dan Pelabuhan Kalianget akan diselimuti awan tebal. 

"Tetap melakukan perencanaan sebelum melaut. Insyaa Allah tidak membahayakan bagi kapal," katanya 

Baca Juga: Cuaca Buruk, ASDP: Operasional Kapal Feri Labuan Bajo – Sape Ditutup Sementara

Kepada para nelayan yang akan melaut Sutarno berpesan untuk selalu melihat informasi dan updetan terbaru dari BMKG Tanjung Perak setiap harinya. 

"Agar selalu waspada dalam beraktivitas melaut dan selalu update info cuaca dari BMKG Tanjung Perak," ucapnya.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU