Covid Melonjak, Lamongan Gencarkan Vaksinasi ke Masyarakat

Bupati dan Wabup saat melihat langsung pelaksanaan vaksinasi di Alun-alun Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Kasus lonjakan covid-19 di Lamongan terus terjadi. Dari hari ke hari warga yang terpapar terus bertambah. Masyarakat yang meninggal akibat covid terus terjadi, pemerintah daerah bersama TNI Polri berjibaku mengantisipasi penyebaran, dengan membentengi warganya dengan vaksin.

Seperti yang dilakukan dalam rangka HUT Bhayangkara yang diperingati setiap 1 Juli ini. Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Kodim 0812 dan Polres Lamongan memberikan vaksinasi gratis yang digelar di alun-alun setempat. 

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi  mengungkapkan bahwa pelaksanaan penangan covid-19 secara cepat dan tepat di Lamongan ini dilakukan sesuai arahan Pemerintah Pusat.

"Terkait penyebaran covid, terus kita pantau dan kita lakukan secara cepat dan tepat sesuai arahan. Beberapa tempat sudah kita lokalisir supaya perkembangannya tidak merembet ke desa-desa yang lain," ucap bupati yang biasa dipanggil Pak Yes ini.

Disebutkan olehnya, ia menghimbau untuk beberapa perusahaan di Lamongan agar melakukan vaksinasi gotong royong kepada seluruh karyawannya, serta menghimbau masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan, memakai masker.

"Insya Allah minggu depan sudah akan dimulai ada perusahaan Kebun Tebu Mas yang melakukan vaksinasi kepada karyawannya secara gotong royong. Ini juga saya sampaikan ke perusahaan-perusahaan yang lainnya di Lamongan supaya diikuti," ujarnya.

IMG-20210626-WA0011

Pelaksanaan vaksinasi itu kata Yes, sebagai upayakan mempercepat herd immunity (kekebalan kelompok), supaya khususnya di Kabupaten Lamongan segera masyarakat divaksin semua, dan tetap harus mematuhi prokes dengan  memakai masker, jaga jarak, pakai hand sanitizer .

Sementara itu, Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana, kegiatan ini adalah bentuk latihan bagi vaksinator dan aparat, untuk mendukung dan mempersiapkan program 1 juta vaksin sehari yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli nanti.

"Hari ini, jumlah vaksin seluruhnya, total 9900 vaksin, dengan sasaran vaksin seluruh warga Kabupaten Lamongan di 27 kecamatan, salah satunya kita pusatkan di Alun-alun Lamongan ini," ucap Kapolres Miko Indrayana.jir