Dapat Jatah 3.120 Dosis, Pemkab Mojokerto Vaksinasi Perdana Besok

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 27 Jan 2021 18:42 WIB

Dapat Jatah 3.120 Dosis, Pemkab Mojokerto Vaksinasi Perdana Besok

i

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Pemerintah Kabupaten Mojokerto bakal melaksanakan vaksinasi sinovac perdana pada hari Kamis (28/1) besok. Pelaksanaan gelombang pertama ini dikhususkan untuk 3.120 tenaga kesehatan (nakes).

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi mengatakan, Pemkab Mojokerto sudah menerima  sebanyak 3.120 ampul vaksin Covid-19. Ribuan dosis vaksin asal China tersebut sudah berada di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) sejak Senin (25/1) lalu. 

Baca Juga: Bangunan Bekas Bengkel di Mojokerto Dilalap si Jago Merah, 3 Unit PMK Diterjunkan

"Vaksin sudah siap dan besok akan kita laksanakan serentak di seluruh Puskesmas di Kabupaten Mojokerto," ujarnya kepada wartawan, Rabu (27/1) sore 

Ia menyebut, pemkab sudah menunjuk 27 Puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi perdana ini. Masing-masing Puskesmas terdapat 12 orang tenaga vaksinator yang sudah terlatih dan handal. 

"Rinciannya, setiap Puskesmas ada tiga tim, dan masing-masing tim berisi empat orang tenaga vaksinator yang sudah diberi pelatihan vaksinator Covid-19," ujarnya.

 Petinggi Pemkab Mojokerto ini menambahkan, untuk kelancaran acara, seluruh puskesmas yang ditunjuk sudah melakukan simulasi vaksinasi. Ini agar pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar sesuai jadwal. 

Baca Juga: Cegah Penyebaran DBD, Pemkab Mojokerto Gelar Fogging Serentak

 "Simulasi sudah kita gelar sejak kemarin hingga hari ini. Dan hasilnya, kita sudah siap seratus persen untuk melaksanakan vaksinasi perdana besok," ujarnya. 

Disinggung terkait rencana vaksin untuk Forkopimda, Bupati mengatakan akan dilaksanakan pada gelombang berikutnya. 

"Yang terpenting nakes dulu, karena mereka yang bersentuhan langsung dengan pasien corona. Untuk Forkopimda bisa menyusul gelombang berikutnya," pungkasnya. 

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

Terpisah, Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto dr Sujatmiko menjelaskan, 3.120 ampul vaksin COVID-19 tersebut akan digunakan khusus nakes yang sudah terdaftar di Kemenkes. Mulai dari dokter, bidan, perawat hingga petugas kebersihan (cleaning service) di rumah sakit dan puskesmas yang selama ini bersinggungan langsung dengan pasien COVID-19. 

"Besok adalah pelaksanaan perdana vaksinasi dan sasarannya adalah para nakes sesuai data dari Kemenkes," jelasnya. Dwy

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU