Di Jatim, Nama Zulhas Saingi Erick Thohir dan Khofifah

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan saat menghadiri Rakerwil DPW PAN Jatim Sabtu 30 Juli 2022. SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Partai Amanat Nasional Jawa Timur yang digelar di Surabaya 30 Juli 2022 lalu memutuskan sejumlah nama calon Presiden 2024. Kader PAN Jatim ternyata secara mayoritas memilih nama Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN) bersaing dengan Erick Thohir (Menteri BUMN) dan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim). 

Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifili Hasan menempati posisi puncak dengan didukung 38 DPD. Istilah DPD merupakan sebutan pengurus Kabupaten/Kota) dalam partai berlambang Matahari ini. Sedangkan, posisi kedua ada nama Menteri BUMN Erick Thohir dengan dipilih 34 DPD. Sedangkan, di posisi ketiga ditempati oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang dipilih 33 DPD. Selanjutnya, diposisi ketiga ada nama Anies Baswedan dipilih 29 DPD, Airlangga Hartarto diposisi keempat dipilih 22 DPD, Ganjar Pranowo 20 DPD dan Andika Perkasa 19 DPD.

“Calon itu menjadi rekomendasi PAN Jatim dalam rakernas nanti,” kata Ketua DPW PAN Jatim, Riski Sadig kepada wartawan usai penutupan rakerwil di Hotel Grand Empire Palace, Surabaya, Sabtu (30/7/2022).

Dia mengatakan, lima nama yang muncul itu merupakan tokoh yang punya dukungan terbesar dalam Rakerwil PAN II. Awalnya, DPW PAN Jatim mengidentifikasi 70 nama yang muncul dari aspirasi para kader.

“Khofifah terbanyak mendapat dukungan. Dari 38 DPD, Khofifah mendapat dukungan dengan 33 suara,” ungkapnya.
Pihaknya berharap, usulan dari PAN Jatim bisa menjadi pertimbangan dalam Rakernas nanti. Mengingat, dari total 34 DPW PAN di seluruh Indonesia nanti akan membawa nama-nama calon lainnya.
“Saya berharap usulan dari Jatim bisa masuk didalam pencalonan nasional, khususnya Ibu Khofifah Indar Parawansa yang sejak tahun lalu selalu kami usulkan ditingkat pusat,” tambahnya.
“Karena semakin tinggi respon masyarakat terhadap tokoh yang bermunculan, saya kira semakin tinggi juga kepedulian atau radar PAN ditingkat nasional,” paparnya.

Dikatakan Rizki Sadiq, selain di Jatim, dukungan kepada Khofifah juga muncul di wilayah lainnya. Menurutnya, aspirasi itu muncul karena kinerja dan prestasi Khofifah selama memimpin Jatim cukup cemerlang.

“Saya berharap usulan Jawa Timur nanti menjadi pertimbangan nasional, terutama untuk Gubernur Khofifah,” pungkasnya. rko