Gedung KPU Kabupaten Pasuruan Telah Rampung Dibangun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Des 2022 14:24 WIB

Gedung KPU Kabupaten Pasuruan Telah Rampung Dibangun

i

Gedung KPU di Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Pembangunan gedung KPU di Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan telah rampung. Saat ini, gedung tersebut siap digunakan. Kepala Dinas SDA, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hari Aprianto menyatakan pembangunan gedung KPU selesai pekan lalu. Penyerahan tahap pertama telah dilakukan.

”Tinggal pemanfaatan. Pembangunannya sudah selesai dikerjakan,” kata Hari.

Baca Juga: PDAM Kab Pasuruan Targetkan Tambahan 3500-5000 Pelanggan Baru

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan Faizin mengatakan, lembaganya segera memanfaatkan gedung KPU tersebut. Beberapa mebel di kantor lama KPU telah dipindahkan ke gedung baru.

”Tinggal peresmian. Kami memanfaatkannya segera,” ujarnya.

Baca Juga: Ratusan LC Geruduk DPRD Kabupaten Pasuruan

Pembangunan gedung KPU Kabupaten Pasuruan dilakukan karena selama ini KPU belum punya gedung sendiri. Kantor KPU menempati gedung Lemcadika Pogar, Bangil. Gedung tersebut juga banyak dimanfaatkan instansi atau lembaga lain, seperti Pramuka dan Bawaslu.

Pemkab Pasuruan menyiapkan dana Rp 4,5 miliar untuk gedung KPU ini. Dana tersebut bersumber dari dana alokasi umum (DAU) APBD 2022. Pembangunan berlangsung sejak Juni. Desember ini gedung sudah rampung dan siap digunakan.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Pasuruan Implementasi Kartu Kredit untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Informasi yang diperoleh wartawan menyebutkan, pada 2022 ini, Pemkab Pasuruan membangun beberapa gedung baru. Di antaranya, gedung baru untuk kantor bupati dan wakil bupati senilai Rp 50 miliar. Kemudian, gedung baru untuk organisasi perangkat daerah (OPD) Rp 21 miliar.

Ada pula gedung Graha Praja, gedung perpustakaan, dan kantor PMI Kabupaten Pasuruan. Ketiganya menempati lahan bekas RSUD Bangil di Jalan dr Soetomo. Masing-masing disiapi anggaran Rp 5 miliar untuk gedung Graha Praja, Rp 2 miliar untuk gedung perpustakaan, dan Rp 2 miliar untuk gedung PMI. Pembangunan gedung-gedung tersebut masih dalam proses. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU