Hari Bumi Sedunia, Palmster Jadi Pionir Dalam Sikapi Kerusakan Bumi

Penanaman dan perawatan 1000 pohon  digelar hari ini (Kamis, 22/4) di lingkungan kampus IAIN Jember . SP/IAIN Jember

SURABAYAPAGI, Jember - Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Palmstar IAIN Jember, Mapala UNMUH Jember, PMI Jember, Dinas Pertanian, Destana Suci dan Green Nusantara peringati Hari Bumi Sedunia  (Earth Day) 2021 Kamis (22/4/2021) dengan tema "Restore Our Earth" atau Pulihkan Bumi Kita.

Ketua Mapala Palmstar IAIN Jember, Ahmad Jakfar Shodik didampingi Abd Muis penasehat Mapala Palmster IAIN menjelaskan, hari ini kita peringati Hari Bumi Sedunia yang dilaksanakan secara serentak oleh berbagai organisasi peduli ekosistem bumi yang semakin hari mengancam keberlangsungan hidup seluruh umat manusia. 

"Semua masyarakat yang ada di bumi membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan dan kelangsungan hidup, tak terkecuali lingkungan kampus yang nyaman,"terangnya. 

Mapala Palmstar harus menjadi pioner dalam menyikapi berbagai kerusakan bumi yang terjadi akhir-akhir ini seperti bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, angin kencang yang sering menghantui masyarakat kita.

"Kami berharap kegiatan penghijauan ini bukan hanya sebagai ritual tahunan saja, tapi terus istiqomah sebagai syi'ar dan tentu dimulai dari lingkungan terdekat,"urainya.

Momentum hari bumi tahun ini bersamaan dengan bulan Ramadhan dan penyebaran virus Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini. Ada tiga rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Mapala Palmstar sebagai bentuk komitmen menjaga lingkungan dan ekosistem bumi. 

"Penanaman dan perawatan 1000 pohon  digelar hari ini (Kamis, 22/4) di lingkungan kampus IAIN Jember sebagai edukasi kepada Mahasiswa dan upaya menjaga ekosistem pendidikan yang nyaman,"katanya. 

Selain di kampus, kata Jakfar Shodik, Penanaman pohon dilanjutkan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di Desa Suci, Kecamatan Panti. 100 personil gabungan dikerahkan dalam penghijauan massal ini. 

Satu kegiatan lagi akan dilaksanakan pada hari Jumat (23/4). Mapala Palmstar menggandeng PMI Kabupaten Jember menggelar donor darah massal bertempat di halaman masjid jamik AL-Baitul Amin Jember setelah sholat tarawih. 

"Donor Darah ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap sesama dan untuk masyarakat selesai mendonorkan darahnya kita berikan bibit buah untuk ditanam secara mandiri di lingkungan rumah masing-masing." ujarnya. 

selain bisa bersedekah darah, pendonor juga dapat melakukan penghijauan secara mandiri, sehingga mendapatkan dua manfaat sekaligus di bulan suci yang penuh berkah ini."tandas Ahmad Jakfar Shodik. dik