Harmoni Kata dan Warna, PWI Jombang Gandeng Komunitas Pelukis Peringati HPN 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 09 Feb 2022 15:59 WIB

Harmoni Kata dan Warna, PWI Jombang Gandeng Komunitas Pelukis Peringati HPN 2022

i

Seniman melukis tokoh pers, Tirto Adhi Soerjo saat peringatan HPN 2022 di gedung PWI Kabupaten Jombang, Rabu (9/2/2022). SP/Arief

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Jombang menggandeng Komunitas Pelukis (KOPI) dalam memperingati HPN (Hari Pers Nasional) 2022. 

Para pelukis memberikan kado untuk para wartawan dengan menggelar melukis bersama di halaman kantor PWI Jombang Jalan KH Wahid Hasyim.

Baca Juga: Warga Terdampak Tanah Gerak di Jombang Bakal Dapat Bantuan Peralatan Isi Huntara

Sugeng Hartobi (42), duduk di halaman kantor PWI Jombang. Di depannya nampak kanvas putih ukuran 40x60 sentimeter. Hartobi kemudian menuangkan cat akrilik warna hitam ke wadah. Disusul kemudian cat warna putih. Kuas beraneka ukuran ikut menemani.

Sejurus kemudian, kuas tersebut menari-nari di atas kanvas. Goresan demi goresan menyaput kain kanvas. Warna hitam dan putih bergantian. Beberapa saat kemudian perpaduan cat itu membentuk wajah. Seorang pria memakai mengenakan blangkon, tubuhnya berbalut jas. Kumis pria dalam lukisan itu melintang di atas bibir.

Ya, itulah wajah Raden Djokomono alias Tirto Adhi Soerjo. 

"Lukisan ini kado untuk teman-teman wartawan yang hari ini memperingati HPN. Yang saya lukis ini pendiri pers pribumi Tirto Adhi Soerjo," kata Tobi, panggilan akrab Sugeng Hartobi, Rabu (9/2/2022).

Ketua Kopi Jombang ini mengatakan, hubungan antara seniman lukis dengan wartawan di Jombang sangat mesra. Pameran-pameran lukisan selalu dipublikasikan oleh wartawan. Makanya, dalam melukis on the spot ini mengusung tema 'harmoni kata dan warna'.

Tobi mengungkapkan, dalam acara ini sekitar 15 pelukis terlibat. Masing-masing mempersembahkan karya. Seperti halnya Tobi, belasan pelukis itu juga duduk lesehan di depan kantor PWI. Menggoreskan cat di atas kanvas. Ada yang melukis gedung PWI, melukis tokoh Arjuna, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Silpa Dana Desa untuk Pengerjaan Tempat Parkir di Mancilan Jombang, BPD: Salahi Aturan

Ketua PWI Jombang Sutono Abdillah ikut hadir saat pembukaan acara melukis on the spot tersebut. Dia memberikan apresiasi kepada Kopi Jombang yang memberikan kado khusus untuk wartawan dalam peringatan HPN 2022. 

"Semoga komunikasi yang baik ini terus terjalin," ujar Sutono.

Pria kelahiran Kendal Jawa Tengah ini menambahkan, pihaknya sengaja mengusung tema 'Harmoni Kata dan Warna'. Hal itu menggambarkan adanya titik temu antara wartawan dan seniman. Kalau wartawan, lanjut Sutono, melukis dengan kata-kata, sedangkan seniman melukis dengan warna.

Bagaimana sola lukisan Tirto Adhi Soerjo? Sutono mengungkapkan, lukisan tersebut akan dipajang di kantor PWI Jombang. Sehingga wartawan generasi milenial tidak lupa akan sejarah. Mereka selalu ingat sosok pendiri pers pribumi bernama Tirto Adhi Soerjo.

Baca Juga: Tanggapan Pj Bupati Jombang Usai Namanya Dikaitkan Masuk Bursa Pilbup 2024

"Tirto adalah orang pertama yang menjadi pers sebagai alat perjuangan. Melalui koran Medan Priyayi, dia menyuntikkan kesadaran tentang nasionalisme. Nah, semangat seperti itulah yang penting untuk dihadirkan kembali bagi wartawan saat ini," ujar Sutono.

Sutono menandaskan bahwa acara melukis bersama tersebut merupakan kegiatan awal HPN 2022 di Jombang. Puncaknya adalah resepsi HPN yang rencananya digelar pendapa Pemkab Jombang pertengahan Maret mendatang. 

"Resepsi puncak HPN akan diisi dengan penganugerahan penghargaan sejumlah tokoh," pungkasnya. Arief

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU