Indeks Kepuasan Pengguna Jasa di Pelabuhan Tanjung Perak Tahun 2020 Capai 81,35 Persen

CEO Pelindo III Regional Jatim Onny Djayus saat memaparkan hasil Survey kepuasan Pengguna jasa pelabuhan. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - Tingkat kepuasan pengguna jasa di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya selama tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 4,42 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tahun 2020, secara persentase angka kepuasan pengguna jasa sebesar 81,35 persen. Sementara di tahun 2019 sebesar 77,93 persen. 

Kenaikan ini berdasarkan survey yang dilakukan oleh Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III pada beberapa waktu lalu. Adapun pengguna yang dilibatkan sebagai responden sebanyak 1.930, yang terdiri dari Pelayanan Kapal, Pelayanan Barang, Bongkar Muat, Penumpang, Anak Perusahaan dan Rekanan.

"Meskipun awal tahun 2020 kita diterpa pandemi, namun Pelindo III terus berupa memberikan layanan yang terbaik bagi pengguna jasa pelabuhan," kata CEO Regional Jawa Timur Pelindo III, Onny Djayus, Jumat (03/09/2021).

Adapun indikator yang digunakan dalam survey kepuasan pengguna jasa pelabuhan diantaranya adalah kualitas produk, kualitas pelayanan, harga serta kemudahan. Layanan pengguna jasa di pelabuhan Tanjung perak dibagi dalam 6 kategori, yakni pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan bongkar muat non peti kemas, bongkar muat petikemas, pelayanan penumpang serta aneka usaha dan property.

Secara rinci, dari sisi pelayanan kapal di pelabuhan Tanjung Perak mendapat nilai sebesar 79,93. Untuk pelayanan barang 84,82, pelayanan bongkar muat non petikemas sebanyak 80,87, pelayanan bongkar muat petikemas 80,38, pelayanan terminal penumpang 80,36 serta pelayanan aneka usaha property sebanyak 80,27.

Sebagai informasi, Pelaksanaan survei kepuasan pelanggan ini adalah agenda rutin perusahaan yang bertujuan untuk memperbaiki pelayanan kepada pengguna jasa agar menjadi lebih baik.

Sama seperti di tahun sebelumnya, dalam survey kali ini Pelindo III meng-hire surveyor independen, yakni PT Surveyor Indonesia (Persero) agar hasilnya bisa lebih obyektif.

"Dengan pelaksanaan survey kepuasan pelanggan ini diharapkan dapat dinilai dengan obyektif sesuai dengan servis yang telah kita berikan," ucapnya.sem