Jalin Kerjasama dengan 3 PTN, Ubaya Wujudkan MBKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Feb 2021 22:07 WIB

Jalin Kerjasama dengan 3 PTN, Ubaya Wujudkan MBKM

i

Pertemuan bertajuk “Menuju Insan Pembelajar yang Merdeka, Kreatif dan Berdaya Saing” diselenggarakan dalam rangka mencapai pengembangan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi . SP/ MOCHAMMAD KASYFI FAHMI 

SURABAYAPAGI,Surabaya - Wujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Surabaya (Ubaya) jalin kerjasama dengan tiga perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia. Pertemuan bertajuk “Menuju Insan Pembelajar yang Merdeka, Kreatif dan Berdaya Saing” ini diselenggarakan dalam rangka mencapai pengembangan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Anwar Makarim. Minggu (07/02/2021).

 Kerjasama ini ditandai dengan pertemuan antara Ubaya dengan UGM, UI dan ITB secara daring. Pertemuan ini diadakan untuk menindaklanjuti kerjasama yang telah terjalin dalam mewujudkan kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca Juga: KJRI Jeddah Beri Amanah UNESA untuk Kembangkan Model Kurikulum Pendidikan Sekolah Urban

 Rektor Ubaya, Ir.  Benny Lianto, MMBAT., mengungkapkan bahwa kerjasama Ubaya dengan UGM, UI dan ITB sudah berlangsung sejak lama dalam berbagai bentuk seperti program pengembangan staf atau staff development. “Saat ini kerjasama, kolaborasi atau partnership menjadi suatu kata kunci yang sangat penting dalam upaya untuk membangun dan mengembangkan sebuah institusi perguruan tinggi. Terutama dalam meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya mahasiswa. Momentum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bisa menjadi pijakan untuk menjalin kerja sama pada bidang-bidang yang lebih luas. Tidak hanya sebatas program pengembangan staf,” terangnya dalam sambutan.

IMG_7284IMG_7284

 Dirinya menambahkan, bahwa di era sekarang ini seunggul atau sehebat apapun sebuah institusi perguruan tinggi tidak akan bisa bekerja secara maksimal dan optimal tanpa adanya kerjasama dengan berbagai pihak. Adanya kolaborasi dan sinergi dengan tiga PTN terbaik di Indonesia memberikan kesempatan belajar lebih banyak dan bertukar pengalaman mengenai penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi di tempat masing-masing.

Baca Juga: Stanford Soal Bangun Pusat Riset di IKN, OIKN: Sudah Teken MoU, Dimulai Mei 2024

 Selanjutnya, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., selaku Wakil Rektor I UGM menjelaskan bahwa keluarga besar UGM menyambut baik spirit dari kerja sama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Melalui kerja sama ini diharapkan sesama perguruan tinggi di Indonesia yang berjumlah kurang lebih 4500 kampus bisa saling berkolaborasi. 

Adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) juga bertujuan untuk pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia. “Kolaborasi dan sinergi menjadi kata sakti yang bisa membuat kita lebih survive kedepannya. Apalagi kita diramalkan akan memasuki era ‘The Death of University’ yaitu matinya universitas dikarenakan publik atau masyarakat untuk mendapatkan kompetensi tertentu sekarang tidak perlu datang lagi ke kampus. Tetapi cukup belajar dari media sosial atau sumber belajar lain sehingga mereka bisa mendapat kompetensi tersebut,” jelasnya. 

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Adakan Forum Perangkat Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2025

Selain UGM, hadir pula perwakilan UI, yakni dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., selaku Sekretaris UI. Sedangkan perwakilan dari ITB dihadiri oleh Dr. R. Mohammad Rachmat Sule selaku Kepada Sub. Direktorat Pendidikan Berkelanjutan ITB.

 Pada kesempatan tersebut Agustin Kusumayati menuturkan bahwa UI telah merancang dan sedang menjalankan program kerja sama dengan perguruan tinggi lain. Salah satunya dengan memiliki Center For Independent Learning untuk memberikan hak kepada mahasiswa UI maupun mahasiswa perguruan tinggi lain yang ingin mendapatkan informasi maupun mengikuti kegiatan pembelajaran di UI guna membangun SDM unggul. mbi

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU