Jelang Nataru, 1.146 Personil Diterjunkan untuk Pengamanan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 22 Des 2022 19:01 WIB

Jelang Nataru, 1.146 Personil Diterjunkan untuk Pengamanan

i

Bupati bersama Kapolres dan Dandim 0812 mengecek kesiapan kendaraan untuk gelar  operasi lilin. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Ada 1.146 personil gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan instansi terkait  akan diterjunkan dalam pengamanan  natal dan tahun baru di Kabupaten Lamongan. 

Baca Juga: Atasan dan Bawahan Ini Saling Berhadapan, "Partai" ASN Akhirnya Terbelah

Untuk kesiapan pengamanan itu, pada Kamis, (22/12/22) gelar apel Pasukan Operasi Lilin 2022 di Alun-alun setempat dengan menerjunkan sebanyak 346 personil  di pospam, dan 800 personil pada malam tahun baru.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat memimpin apel menekankan, pengamanan nataru yang dilaksanakan selama 11 hari mulai 23 Desember hingga 2 Januari, terdapat 9 poin untuk memperkuat sinergitas nataru.

Sembilan poin tersebut diantaranya (1) Pengaturan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan contra flow dan one way (2).Tingkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal guna mengantisipasi kejahatan konvensional, dan ketiga deteksi dini dan preventive strike untuk antisipasi terorisme (4) Bentuk tim siap tanggap bencana (5) Monitoring ketahanan pangan dan BBM di lapangan (6) Sentralisasi pengaman ibadah natal (7) Pengamanan objek wisata (8) Pengetatan ijin kegiatan keramaian (9) Penguatan prokes terutama di lokasi dengan interaksi tinggi.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

"Saat ini mobilitasnya sangat tinggi karena memang euforia masyarakat setelah 2 tahun dibatasi tapi tahun ini tidak ada pembatasan, sehingga kita harus lebih meningkatkan pengamanan dan pengawalan masyarakat yang melakukan mudik dan sebagainya," kata Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan

Guna menunjang sarana dan prasarana, Lamongan membentuk 5 pos, yakni 1 pos pelayanan di Terminal Lamongan dan 4 pos pengamanan di Alun-alun, Gereja Jawi Wetan Kinameng, Pospam WBL, dan Pospam Babat. Tak hanya mengerahkan seluruh personil Polres nataru ini juga berkolaborasi dengan Kodim 0812 Lamongan, Pemkab Lamongan, serta penambahan satu pleton Brimob pada tahun baru.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 lanjutnya, merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat diselesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. "Dengan begitu masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita," katanya 

Saat menjalankan tugas, bupati berpesan, seluruh personel pengamanan, melaksanakannya dengan dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan memahami tupoksi tugasnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU