Jokowi Beri Pertimbangan Capres PDIP ke Megawati

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 20 Mar 2023 20:44 WIB

Jokowi Beri Pertimbangan Capres PDIP ke Megawati

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo buka kartu pertemuannya dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati, di Istana Negara beberapa hari lalu. Jokowi mengaku dirinya memberikan saran dan pandangannya ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tentang calon presiden (capres) 2024.

Ia enggan membeberkan kriteria sosok yang cocok menjadi presiden berikutnya. Namun, Jokowi telah menyampaikan kriteria itu ke Mega. "Yang jelas saya menyampaikan pandangan-pandangan dari angka-angka yang kita miliki dan dari data-data yang kita miliki," kata Jokowi di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Baca Juga: Politisi Jalin Politik Silaturahmi

 

Beri Pertimbangan ke Megawati

Jokowi berkata pertemuan dengan Mega di Istana pada Sabtu (18/3), membahas pemilu. Namun, ia tak mau buka-bukaan soal isi pertemuan itu.

Dia pun enggan mengungkapkan siapa capres yang ia dukung. Jokowi hanya memastikan ia telah memberi sejumlah pertimbangan ke Mega berkenaan dengan capres.

"Calonnya tanya ke Bu Mega," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi dan Megawati bertemu di Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu (18/3). Mereka berdiskusi tertutup selama tiga jam.

 

Media Survei Nasional

Lembaga Survei Median (Media Survei Nasional) merilis data hasil survei elektabilitas sosok capres dan cawapres Pemilu 2024.

Baca Juga: Jokowi vs Mega, Prabowo vs Mega = Kekuasaan

Hasil survei Median terkumpul sebanyak 400 responden yang terbesar di 38 provinsi yang diambil pada 22-26 Februari 2023. Hasilnya, Prabowo (20,5%), Ganjar Pranowo (18,9%), Anies Baswedan (17,9%), Ridwan Kamil (9%), Agus Harimurti Yudhoyono (3,5%).

Peringkat dibawahnya, antara lain Airlangga Hartarto, Eric Thohir, Muhaimin Iskandar, Andika Perkara, Puan Maharani, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Gatot Nurmantyo, Anis Matta.

 

Survei Magna Charta Politika

Lembaga survei Magna Charta Politika merilis hasil survei terbaru mengenai pasangan calon presiden dan wakil presiden. Dalam surveinya, pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), unggul dalam simulasi tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

"Pasangan Anies-AHY unggul untuk semua simulasi pasangan calon," kata Direktur Kajian Magna Charta Politika Wildan Ramadhan Wijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga: Dinyatakan oleh Ketua Dewan Kehormatan PDIP, Sudah Bukan Kader PDIP Lagi, Jokowi tak Kaget

Wildan mengatakan, dalam survei tersebut pasangan Anies-AHY meraih elektabilitas 31,4 persen, diikuti oleh pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir sebesar 19,7 persen dan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar sebesar 15,9 persen. Sementara pasangan Puan Maharani-Andika Perkasa sebesar 11,7 persen.

 

Trust Indonesia

Hasil survei terbaru survei Trust Indonesia pada akhir Januari hingga awal Februari 2023, menunjukan Anies Baswedan berada di puncak dalam bursa calon presiden (Capres) 2024. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati urutan pertama dengan memperoleh elektabilitas sebesar 17,3%. Terpaut tipis di bawahnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan perolehan elektabilitas sebesar 17%. Sementara, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di peringkat ketiga dengan elektabilitas sebesar 13,1%.

Berikutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 9,1%; Menparekraf Sandiaga Uno 6,4%; dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas sebesar 6,1%. Selebihnya, tokoh-tokoh yang masuk dalam daftar simulasi 13 nama masih memiliki elektabilitas di bawah 5%. Sedangkan, responden yang belum menentukan sikap atau undicided voters sebesar 18,5%. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU