Kinerja Himbara Impresif, Erick Thohir: Jaga Kepercayaan Rakyat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 29 Jan 2023 14:47 WIB

Kinerja Himbara Impresif, Erick Thohir: Jaga Kepercayaan Rakyat

i

Menteri BUMN Erick Thohor. Foto: Kementerian BUMN.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu mendorong kinerja bank-bank BUMN supaya semakin impresif. Pasalnya, Ia menilai, masyarakat menaruh kepercayaan tinggi pada himpunan bank negara (Himbara). Maka dari itu, kepercayaan publik kepada Himbara harus terus dijaga dengan baik.

Menurutnya, pertumbuhan kinerja Himbara sepanjang 2022 juga dikontribusikan oleh nasabah. Tercatat pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) Himbara dalam bentuk tabungan, deposito, dan giro tumbuh 5,7 persen dari Rp3.309 triliun menjadi Rp3.499 triliun pada kuartal III/2022.

Baca Juga: Jokowi di Manado, Pesan Chicken Nugget

“Saya berterima kasih kepada seluruh komisaris, direksi, dan karyawan bank Himbara karena mampu menjalankan dan menjaga transformasi di sektor perbankan dan keuangan sehingga Himbara bisa menjadi kekuatan dalam menopang perekonomian nasional," kata Erick di Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

Ia mengatakan, pertumbuhan kinerja dapat diraih sepanjang 2022 karena dukungan yang secara tidak langsung diberikan para nasabah dan debiturnya, antara lain dengan kerja keras mereka membangun bisnis sehingga mampu terus bekerja sama dengan Himbara. Berdampingan membangun bisnis bersama-sama.

Adapun pada kuartal III-2022, Himbara membukukan pertumbuhan yang signifikan. Laba bersih tumbuh 80,7% dari Rp47,6 triliun menjadi Rp85,9 triliun.

Kontribusi laba bersih Himbara mencapai 55% dari total laba BUMN sebesar Rp155 triliun. Pendapatan dari fee based income naik 4,9 persen atau dari Rp66,5 triliun menjadi Rp69,7 triliun.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa Himbara mampu melakukan diversifikasi pendapatan dari core revenue interest income yang menjadi salah satu fondasi bagi sustainability growth.

Baca Juga: Menteri BUMN Tegaskan Mundurnya Ahok dari Komisaris Tak Hambat Kinerja Pertamina

Kemudian, kualitas kredit Himbara juga mampu dipertahankan di posisi yang aman, hal tersebut terlihat dari dari LaR Coverage rata-rata 38 persen dan NPL Coverage rata-rata 242%.

Dengan hasil capaian positif itu, Erick meminta agar Himbara menjaga kepercayaan nasabah dan masyarakat. Selain itu, iia juga meminta Himbara memberikan apresiasi besar kepada nasabah dan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada perbankan BUMN.

Di samping itu, Erick selalu menegaskan pentingnya kondisi BUMN yang sehat. Bagi Erick, perbaikan kinerja akan memberikan dampak besar, bukan hanya kepada BUMN itu sendiri, melainkan juga bagi masyarakat.

Baca Juga: Timnas AMIN Sebut BUMN Diganti Koperasi, Erick Thohir: Sungguh Ironis, Picu Pengangguran Baru

"BUMN harus tetap sehat, karena BUMN Tumbuh Sehat, Ekonomi Indonesia Kuat," ujarnya.

Ia pun menilai kondisi sehat akan melahirkan keuntungan bagi perusahaan pelat merah. Dengan demikian, lanjut Erick, BUMN dapat berkontribusi lebih bagi negara dan masyarakat.

"BUMN harus untung supaya keuntungannya bisa diberikan untuk program pro rakyat," pungkasnya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU