Mantan TKI yang Sukses Banting Setir Bisnis Aneka Keripik

Anis Rohmawati pengusaha aneka olahan keripik. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Anis Rohmawati merupakan mantan TKI asal Kabupaten Blitar yang memulai usaha dengan memproduksi olahan makanan aneka keripik dengan bekal pinjaman modal dari Bank. Kini usaha yang sudah 7 tahun berjalan ini berkembang pesat dan banyak mendatangkan keuntungan besar.

Olahan makanan yang diproduksi Anis adalah aneka keripik buah seperti keripik pisang, keripik nangka, keripik ketela dan keripik usus pepaya serta olahan aneka dodol buah. Dalam per bulan ia bisa memperoleh pendatapatan Rp 80 juta.

Sedangkan pemasarannya meliputi kota-kota besar di Jawa Timur, serta melayani permintaan beberapa negara seperti Hongkong, Malaysia dan Singapura.

Bisnis yang dijalankan semakin besar, namun Ibu dua anak ini tidak berpuas diri dan ingin usahanya terus berkembang.

“Jujur saja mas, kesuksesan bisnis ini membuat saya bisa menyekolahkan anak. dengan bisnis ini suami saya tidak lagi menjadi perantau. Dulu sebelumnya saya pernah buka toko pertanian tapi gagal, suami saya kerja jadi TKI di Malaysia, Korea. Kini setelah bisnis ini sukses ia ikut kerja menemani saya.” katanya.

Tak hanya itu, kini usahanya banyak dijadikan studi banding oleh daerah lain, baik itu Pemda atau wirausahawan. Anis pun sering diundang sebagai narasumber dalam pelatihan yang digelar oleh Pemkab Blitar. Dsy3