Mulai Siang Ini, TPI Palang Tuban di Tutup Sementara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Jun 2020 11:04 WIB

Mulai Siang Ini, TPI Palang Tuban di Tutup Sementara

i

Aktifitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palang Kabupaten tuban. SP/ Her

SURABAYAPAGI.com, Tuban - Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 bertambah 17 orang, atau secara kumulatif saat ini 85 orang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Tuban.

Dari sekian jumlah tersebut, terdapat 4 orang konfirmasi positif dari Cluster Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palang yaitu Laki-laki usia 52 tahun serta Perempuan usia 36, 50 dan 53 tahun asal Kecamatan Palang.

Baca Juga: Korban Gempa di Bawean dan Tuban Terima Bantuan

Menanggapi keadaan demikian, Pemkab Tuban melalui Dinas kelautan, perikanan dan peternakan (Diskanak) mengambil langkah menutup sementara aktifitas TPI Palang selama 14 hari.

Kepada surabayapagi.com, Kepala Diskanak, M. Amenan mengatakan penutupan itu, akan dilakukan mulai siang ini setelah bongkar tangkapan kapal nelayan yang yerakhir datang. Munculnya kebijakan tersebut diambil setelah dilakukan musyawarah dengan Forkopimcam dan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Palang.

Yangmana, lanjut Amenan, tujuan dari penutupan itu demi memutus penularan Covid-19 pada masyarakat dan pelaku di TPI. Mengingat 4 orang yang dinyatakan positif, merupakan penjual yang sehari- hari beraktifitas di TPI Palang.

Baca Juga: Ditinggal Shalat Tarawih, Kandang Sapi di Tuban Hangus Terbakar Gegara Bediang

"TPI Palang di tutup 14 hari untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," terangnya.

Sebagai tahap awal penutupan, terang Amenan, nantinya akan menyesuaikan protap Covid-19 yakni dilakukan selama 7 hari pertama sambil melihat spektrum penyebaran.

Dan usai 7 hari pertama, selanjutnya akan dilanjutkan 7 berikutnya dengan langkah penanggulangan spektrum penyebaran. Sehingga asumsinya, selama 14 hari penutupan, TPI Palang dipastikan bebas dari Covid-19.

Baca Juga: Kemenag: Kabupaten Tuban Dapat Urutan Pertama Keberangkatan Haji 2024

"Penutupan dilakukan selama 14 hari dengan dua langkah penanggulangan," tandasnya.

Bersama dengan cluster TPI Palang, juga muncul cluster lain di Tuban yakni 5 orang pasien cluster Pasar Leran Wetan, dan Cluster Widang terdapat 7 orang pasien konfirmasi positif Covid-19. Her

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU