Oknum DPRD Banyuwangi Gelar Hajatan, Diperiksa Polisi

Tangkapan layar video viral hajatan yang digelar Syamsul Arifin.

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Oknum anggota DPRD Banyuwangi dari Partai PPP, Syamsul Arifin diperiksa penyidik Polresta Banyuwangi. Pemeriksaan tersebut imbas video viral hajatan yang digelar Syamsul Arifin.

Selain Syamsul Arifin, satgas COVID-19 Kecamatan Kalibaru diperiksa penyidik Polresta Banyuwangi. Pemeriksaan dilakukan di ruangan terpisah.

Kapolsek Kalibaru AKP Abdul Jabar membenarkan pemeriksaan Satgas COVID-19 Kecamatan Kalibaru di Mapolresta Banyuwangi.

"Memang benar kami saat ini diperiksa di Polresta Banyuwangi. Ada pak camat, saya dan Danramil diperiksa ini," ujarnya, Minggu (25/7/2021).

"Pak Syamsul juga diperiksa," tambahnya.

Syamsul Arifin diperiksa oleh unit 1 Pidana Umum (Pidum) Polresta Banyuwangi. Soal pemeriksaan Satgas COVID-19 Kecamatan Kalibaru, kata Jabar, dilakukan untuk mengetahui adanya kegiatan hajatan pernikahan yang digelar oleh oknum anggota dewan itu.

"Pemeriksaan kami tentang bagaimana kejadiannya. Termasuk peringatan apa sudah kami lakukan. Dan tegas kami jawab sudah 3 hari yang lalu. Tapi tetep ngeyel," pungkasnya.

Kasatreskrim Polresta Banyuwangi, AKP Mustijat Priyambodo menegaskan pelanggaran PPKM yang dilakulan oknum anggota dewan tersebut sama dengan kasus yang menjerat Kades Temuguruh di awal pemberlakukan PPKM Darurat. Keduanya pun terancam terjerat pasal tindak pidana ringan (tipiring) atas pelanggaran PPKM yang mereka lakukan.

"Soalnya itu kan, yang Temuguruh dibarengin rencananya. Iya (tipiring) dua-duanya. Yang jelas dari Polresta akan memberikan tindakan tegas. Nanti hasil pemeriksaan seperti apa akan kita sampaikan," tutupnya. 

Sebelumnya, video viral hajatan pernikahan menyebar di Banyuwangi. Diduga penyelenggaraan hajatan pernikahan adalah anggota DPRD Banyuwangi. Wakil rakyat berinisial SA nekat menggelar hajatan di masa PPKM level 3-4.

Video ini viral di aplikasi percakapan, Sabtu (24/7/2021). Dalam rekaman berdurasi 5 detik itu terlihat sejumlah undangan di bawah tenda pelaminan yang dihias duduk berhimpitan sambil mengenakan masker. Alunan musik pun terdengar dari sound system di acara itu.