Pandemi Covid, Pemuda Ini Ciptakan Inovasi Berbasis Teknologi "Akang Antar"

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 28 Okt 2021 16:34 WIB

Pandemi Covid, Pemuda Ini Ciptakan Inovasi Berbasis Teknologi "Akang Antar"

i

Bupati menyerahkan penghargaan kepada Salman Al Farisi. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pandemi covid-19 menjadi titik awal kebangkitan pemuda asal Lamongan ini menciptakan inovasi berbasis teknologi “Akang Antar” jasa pengiriman atau delivery order. Karena inovasinya itu, Salman Al Farisi (21) pemuda asal Kecamatan Sarirejo ini mendapatkan penghargaan Pemuda Pelopor Kabupaten Lamongan Tahun 2021 bidang inovasi teknologi. 

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama 13 pemuda berprestasi lainnya usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 di halaman Kantor Pemkab Lamongan, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Pemuda yang masih berstatus mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya tersebut menjelaskan, sejak awal tercetusnya ide Akang Antar tahun 2019, inovasi dibidang jasa pengiriman atau delivery order yang ia ciptakan, tidak hanya menerima jasa pengiriman barang dalam kota Lamongan saja, namun juga antar desa bahkan hingga keluar kota. Dan hingga saat ini berkembang menerima ojek online dengan total 22 driver yang siap melayani konsumen.   

“Saat pandemi kemarin, saya melihat banyak sekali pengangguran akibat PHK dari tempat kerjanya,. Di lain sisi kita dibatasi untuk tidak keluar rumah agar tidak menimbulkan kontak langsung dengan orang lain. Beli apapun lewat online dan membutuhkan jasa tukang antar barang. Dari situ saya melihat peluang untuk bisa membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran khususnya di Kabupaten Lamongan, meskipun cuma sedikit,” ungkap Salman. 

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Salman juga menjelaskan bahwa niat awalnya hanya untuk membantu mengurangi pengangguran di Lamongan, namun berjalannya waktu, impian untuk turut membantu para Usaha kecil Mikro Menengah (UMKM) Lamongan sangat besar. Hingga saat ini, Akang Antar bahkan sudah menjalin kerjasama dengan 50 UMKM secara cuma-cuma.  

“Saat ini kita juga sudah bekerjasama dengan lebih 50 UMKM Lamongan untuk membantu penjualan dan ini tidak berbiaya, kami gratiskan. Kami membantu mempromosikan produk-produk UMKM di social media, dari situ pengikut di sosmed bisa melihat produk apa saja yang bisa dibeli. Selain yang tersedia di sosmed kita, customer juga bisa memesan berbagai produk yang siap kami antarkan. Intinya, kita memudahkan customer untuk membeli barang tanpa harus pergi jauh-jauh ke outlet,” imbuhnya. 

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Selain bisa pesan melalui media sosial instagram dan whatsapp, yang menjadi pembeda Akang Antar dengan delivery order local lainnya yakni tersedianya aplikasi Akang Antar di playstore, sehingga memudahkan pelanggan dalam menggunakannya. 

Selain menyerahkan penghargaan pemuda pelopor Lamongan 2021, dalam kesempatan tersebut Bupati YES juga menyerahkan kendaraan dinas roda dua kepada penyuluh KB Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan dan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba bertutur tingkat SD/MI Se- Kabupaten Lamongan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU