Pasar Pon di Trenggalek Jadi Percontohan Pasar Tradisional di Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 14 Okt 2022 19:26 WIB

Pasar Pon di Trenggalek Jadi Percontohan Pasar Tradisional di Indonesia

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - Pasar Pon di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, akan menjadi percontohan pasar tradisional di Indonesia.

Bangunan pasar yang modern berkonsep "bangunan hijau" itu dianggap cocok untuk diterapkan di pasar-pasar tradisional di daerah lain.

Baca Juga: Gapoktan di Trenggalek Bagikan Ribuan Liter POC Gratis

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumatuti menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Pasar Pon menjadi percontohan untuk pasar-pasar tradisional lain.

Menurutnya, Presiden Jokowi punya kesan positif saat berkunjung ke pasar tersebut tahun lalu.

"Presiden waktu itu senang dengan pasar ini. Karena pasar ini bagus. Kalau kita lihat, anginnya bisa mengalir, cahayanya juga bisa sampai ke tengah-tengah. Ini nanti akan dijadikan percontohan," kata Diana Kusumatuti, saat mengunjungi Pasar Pon, Jumat (14/10/2022).

Diana didampingi para pejabat pemkab sempat meninjau pasar tersebut. Mereka mengelilingi seluruh area pasar. Mulai dari area halaman hingga atap.

Diana juga berpesan agar Pemkab Trenggalek memelihara bangunan pasar dengan baik.

Baca Juga: 4 Titik yang Tertimbun Longsor di Trenggalek Dibuka

"Saya mohon pemda untuk pemeliharaannya. Sayang duitnya (untuk membangun pasar) gede, tapi tidak dipelihara," sambung dia.

Menurut Diana, cukup disayangkan apabila bangunan Pasar Pon rusak tanpa ada pemeliharaan.

"Rusak dikit-dikit, lama-lama gede, nanti enggak kuat untuk pemeliharaan. Kalau rusak dikit-dikit, diperbaiki, nanti bisa terawat semuanya," sambungnya.

Baca Juga: Harga Gabah di Trenggalek Turun

Sementara Wakil Bupati Trenggalek, Syah M Natanegara mengatakan, pihaknya bangga Pasar Pon yang jadi salah satu ikon Kabupaten Trenggalek akan menjadi percontohan pasar tradisional secara nasional.

"Pasar ini jadi atensi pengelolaan pasar tradisional yang berkonsep modern," kata Syah M Natanegara.

Ia berharap, Pasar Pon akan menjadi lebih baik ke depannya. Termasuk akan menjadi pengungkit ekonomi kerakyatan di Trenggalek.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU