Penasehat DWP Sidoarjo Gelar Pembinaan Mental Spiritual Istri ASN

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 09 Jun 2023 08:38 WIB

Penasehat DWP Sidoarjo Gelar Pembinaan Mental Spiritual Istri ASN

i

Penasehat DWP Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’ada Ahmad Muhdlor, S.Hum gelar Pembinaan Mental Spiritual Istri ASN digelar di Pendopo Delta Wibawa, Kamis (08/06/2023). SP/ Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Dalam rangka menguatkan peran istri sebagai pendamping ASN Dharma Wanita Persatuan menggelar Pembinaan Mental Spiritual Istri ASN yang bertemakan “Peran Wanita Sebagai Istri dan Ibu” yang digelar di Pendopo Delta Wibawa, Kamis (08/06/2023). 

Penasehat DWP Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’ada Ahmad Muhdlor, S.Hum mengajak Ibu-Ibu yang mempunyai peran penting sebagai istri dan Ibu untuk bisa menjalani peran yang multitasking itu dengan niat yang tulus.

Baca Juga: Warga Sidoarjo Minta KPK Segera Tahan Gus Muhdlor

“Peran wanita bisa dikatakan  sangatlah kompleks, perempuan itu memang tercipta sebagai makhluk yang multitasking sudah di-set untuk mengerjakan segala sesuatu dalam satu waktu, saat kita ada di rumah kita bisa mengerjakan semua peran sebagai istri yang melayani suami dan sebagai ibu yang menjaga anak-anaknya, namun jika sudah berada diluar rumah kita dengan sigap langsung berganti peran, kita bisa menjadi apa saja untuk menjalankan amanah yang kita emban entah itu dalam suatu organisasi, lembaga atau instansi,” katanya.

Bagi Ning Sasha meniatkan apa yang dilakukan selama di rumah atau bahkan ketika di luar rumah sebagai ibadah itu sudah terhitung amal itu luar biasa sekali. Begitu murah maha pemurahnya Allah SWT dengan memberikan begitu banyak kemudahan, begitu banyak pilihan keringanan tidak hanya dengan hafal Al Quran, shalat yang begitu khusyuk atau paham tentang ilmu agama namun dengan berniat mengabdikan diri pada keluarga, suami dan anak-anak mengurusi segala keperluan mereka itu sudah termasuk ibadah yang luar biasa.

Dan takdir apapun yang diberikan Allah sebagai perempuan harus bisa jalani dengan sebaik-baiknya karena itu adalah takdir yang terbaik. 

Ketika ditakdirkan untuk menjadi seorang istri bupati Ning Sasha berpikir mungkin ini adalah takdir dari Allah dimana ia bisa mengabdi pada masyarakat dan mendapatkan ridho dari Allah dan mendapatkan banyak pahala disamping itu ia juga masih bisa menekuni hobi dengan turun ke masyarakat. Turut ikut berkontribusi memberikan program-program untuk kebaikan di masyarakat. Kegiatan tersebut menjadi ladang amal jariyah tersendiri daripada hanya fokus membesarkan anak-anak sekalipun kewajiban sebagai perempuan adalah mengutamakan keluarga dan anak-anak agar bisa mendapatkan yang terbaik. 

Baca Juga: H-2 Lebaran, Volume Sampah di TPA Jabon Naik Hampir 100 %

"Dan seperti apa yang saya emban saat ini merupakan salah satu dari wujud pengertian sayang kepada masyarakat untuk itu kita harus total dalam menjalaninya termasuk ibu-ibu yang mendampingi para suami yang mana kita tahu Bagaimana pekerjaan suami sebagai ASN yang seorang abdi negara dan Abdi masyarakat yang memberikan pengabdian yang cukup luar biasa bagi Kabupaten Sidoarjo dengan totalitas untuk itu peran istri sangatlah penting sebagai pendukung dan pengingat serta menjaga para suami dan anak-anak,” tambahnya 

Dalam laporannya Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sidoarjo Ny.Andjar Surjadianto bahwa  pembinaan mental spiritual istri ASN dilakukan agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti yang luhur serta memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak serta meningkatkan kepedulian sosial yaitu mengembangkan kualitas sumber daya manusia khususnya pada anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sidoarjo untuk selalu berdakwah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepribadian yang baik serta berbudi pekerti yang luhur serta pemahaman tentang pentingnya peran wanita sebagai istri dan ibu.

Baca Juga: Proyek Miliaran Tak Transparan, Anggaran Desa Penambangan Diduga Diselewengkan

“Peserta yang hadir  yaitu sekitar 150 orang yang terdiri dari perwakilan Dharma Wanita, unsur pelaksana, OPD, Kantor BLUD, Kecamatan  dan juga 50 orang dari pengurus Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo beserta ketua Dharma Wanita Persatuan dari unsur pelaksana kecamatan,”katanya, Kamis (08/06/2023).

Hadir Ustadzah Evie Silvia Zubaidi yang memberikan materi tentang bagaimana menjadi seorang istri yang mendampingi suami dalam perannya sebagai ASN yang juga menjalani peran sebagai seorang ibu, dimana peran perempuan dalam keluarga sangatlah penting, melayani, menjaga serta mendoakan keluarga agar selamat sampai ke akhirat, dan selain memaparkan materi ia pun berdialog langsung bersama undangan.

Pada kesempatan ini pula Ning Sasha dengan didampingi ketua DWP Ny. Andjar Soerjadianto memberikan penghargaan kepada Dharma Wanita Persatuan Unsur Pelaksana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo atas partisipasinya menjadi pasukan upacara dalam rangka HUT ke-51 KORPRI dan HUT DWP ke -23 Tahun 2022 serta Peserta Lomba Cerdas Cermat DWP Tingkat Provinsi Jatim dalam rangka HUT DWP ke 23 Tahun 2022. Pemberian penghargaan kepada 10 terbaik Pelaporan e-Porting DWP Unsur Pelaksana Kabupaten Sidoarjo Tahun 2022 kepada Dinas Pendidikan dan kebudayaan berjumlah 72 laporan, Kec. Balongbendo 37 laporan, Kec. Waru 34 laporan, Kec.Sukodono 30 laporan, PDAM Delta Tirta 28 laporan, Badan Pelayanan Pajak Daerah 27 laporan,  Dinas Koperasi dan Usaha Mikro 26, Sekretariat Daerah 23 laporan, Kec.Taman 23 laporan dan yang terakhir Kecamatan Wonoayu dengan 22 laporan. Hik/yu

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU